get app
inews
Aa Read Next : Peran Strategis Alumni Politeknik Kementan dan Mahasiswa MBKM dalam Pertanian Modern

Padi Inpari 42 Masih Jadi Andalan Kementan Untuk Perluasan Areal Tanam

Jum'at, 27 September 2024 | 01:23 WIB
header img
Gerakan tanam serentak padi berlangsung di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, dengan luas lahan mencapai 515 hektar, Rabu, (25/09/2024). Foto: Ist

TANAH LAUT, iNews Depok.id Kementerian Pertanian (Kementan) terus mendorong program perluasan areal tanam (PAT) padi melalui berbagai kegiatan seperti optimasi lahan rawa, pompanisasi dan penanaman padi gogo. Salah satu langkah untuk mendukung hal tersebut melalui penyiapan sumber daya manusia andal dengan mendorong peningkatan kompetensi dan pemahamannya dalam meningkatkan produksi padi.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, dalam berbagai kesempatan, menyampaikan bahwa sumber daya manusia (SDM) menjadi tulang punggung penggerak pembangunan pertanian. Karenanya, kata Menteri Amran, sudah seharusnya SDM pertanian memiliki kualitas yang mumpuni.

“Empat kunci yang perlu dipegang teguh agar SDM kita menjadi mumpuni. Di antaranya ialah bekerja yang terbaik, fokus, cepat dan berorientasi hasil,” ujar Menteri Amran, Kamis (26/9/2024).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementerian Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, menyampaikan harapan dengan pompanisasi yang dilaksanakan, diharapkan dapat membantu dalam upaya perluasan area tanam yang nantinya akan meningkatkan produksi padi.

"Harapannya agar para kelompok tani dan petani dapat meningkatkan percepatan musim tanam, tentunya hal ini untuk perluasan areal tanam," kata Idha.

Sebagai bagian dari upaya percepatan musim tanam, gerakan tanam serentak padi berlangsung di Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, dengan luas lahan mencapai 515 hektar, Rabu, (25/09/2024).

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut