get app
inews
Aa Read Next : Peran Strategis Alumni Politeknik Kementan dan Mahasiswa MBKM dalam Pertanian Modern

Ini Hasil Panen Padi Gogo di Pohuwato Gorontalo Untuk Antisipasi Krisis Pangan

Sabtu, 21 September 2024 | 23:13 WIB
header img
Panen padi Gogo di Gorontalo. Foto: Ist

JAKARTA, iNews Depok.id - Kementerian Pertanian (Kementan) menyiapkan program strategis guna atasi darurat pangan, khususnya untuk daerah lahan kering. Progam yang dimaksud berupa perluasan areal tanam (PAT). Diantaranya melalui penanaman padi gogo.

Sesuai arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, padi gogo merupakan varietas padi yang dirancang tahan terhadap lahan kering. Sehingga menjadi strategi jitu untuk memperkuat akselerasi swasembada hingga menjadi lumbung pangan dunia.

"Perluasan areal tanam (PAT) padi (Gogo) dilakukan sebagai antisipasi krisis pangan global. Ini upaya dari pemerintah untuk menjaga ketahanan pangan nasional di tengah ancaman krisis pangan dunia," kata Mentan Amran dalam keterangannya, seperti dikutip, Sabtu (21/9/2024).

Menindaklanjuti arahan itu, Pusat Pendidikan Pertanian, sebagai PJ Provinsi Gorontalo melakukan panen Padi Gogo di Kabupaten Pohuwato, Jumat (20/9/2024).

Panen bersama dilakukan oleh Plt. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Kadis Pertanian Pohuwato, dan Kepala BSIP Provinsi Gorontalo. Hadir pula Camat Popayato Barat serta perwakilan Danramil setempat.

Adapun lokasi panen berupa lahan tumpang sisip (tusip) padi gogo seluas 0,25 hektare, untuk varietas inpago fortiz.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Idha Widi Arsanti menjelaskan, padi yang dipanen cocok untuk daerah-daerah yang sumber airnya tidak terlalu banyak.

"Karena varietas ini tidak membutuhkan banyak air," ujar Inneke Kusumawaty, selaku Plt. Kapusdiktan di lokasi, Jumat (20/9/2024).

Inneke berujar, padi yang dipanen itu berasal dari benih berlabel putih, artinya dapat digunakan untuk dua kali tanam.

"Sehingga hasil panen ini dapat digunakan sebagai benih kembali (berlabel ungu). Untuk itu sebaiknya tidak untuk konsumsi, melainkan digunakan sebagai benih," imbuh Inneke.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut