get app
inews
Aa Read Next : Kementan Tantang 2.000 Mahasiswa Baru Unissula Menjadi Wirausaha Pertanian

Kementan Genjot Varietas Padi Lokal 'Temo' di Gorontalo Utara

Sabtu, 17 Agustus 2024 | 01:24 WIB
header img
Para petani Gorontalo Utara menanam padi Temo. Foto: Ist

GORONTALO UTARA, iNewsDepok.id - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan  perluasan areal tanam (PAT) Padi dengan mengoptimalkan pompanisasi dan penanaman padi gogo. Seperti di Gorontalo Utara, para petani menanam padi gogo varietas lokal yang bernama 'Temo'.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan mengatakan, untuk mewujudkan swasembada pangan dengan solusi cepat adalah dengan program PAT. Amran yakin, apabila program tersebut dijalankan dengan baik, maka Indonesia dapat mewujudkan swasembada dan juga lumbung pangan dunia. 

Untuk mendorong implementasi program PAT dalam berbagai kesempatan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Idha Widi Arsanti menegaskan bahwa PAT ini untuk memenuhi kebutuhan pangan yang kedepannya akan semakin meningkat. 

“PAT ini bisa di fokuskan karena kebutuhan kedepan akan sangat kurang untuk memenuhi kebutuhan pangan yang tersedia," kata Santi, Jumat (16/8/2024).

Plt. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Inneke Kusumaty menyampaikan bahwa kehadiran mahasiswa Polbangtan/PEPI yang turun di lapangan PAT juga diharapkan dapat mengulang suksesnya PAT dan membantu menyelesaikan masalah pertanian. "Secara teknis mahasiswa Polbangtan/PEPI memiliki kemampuan yang sangat baik dalam mengaplikasikan ilmu yang didapat dalam pendidikan selama ini," ujar Inneke.

Pertanaman kali ini menggunakan varietas padi 'Temo' yang merupakan varietas lokal Kabupaten Gorontalo Utara.

Kegiatan pertanaman padi gogo varietas lokal kali dilakukan oleh Plt. Kepala Pusat Pendidikan Pertanian, Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura  dan Perkebunan Kabupaten Gorontalo Utara, Kepala Tata Usaha RS. ZUS, Asisten Perekonomian dan Pembangunan, perwakilan kecamatan, Kepala Desa Bulalo, dan Perwakilan Koramil Kwandang, babinsa setempat, mahasiswa Polbangtan/PEPI, penyuluh, petani dan kelompok tani setempat.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut