get app
inews
Aa Read Next : Potret Sulitnya Cari Kerja, Viral Ratusan Orang Antre Loker di Warung Seblak Ciamis!

Jobstreet Gandeng Pemerintah Dorong Pertumbuhan Ekonomi Lewat Lapangan Kerja Baru

Selasa, 17 September 2024 | 20:51 WIB
header img
Ki-ka: Varun Mehta (COO Jobstreet by SEEK), Gita Wirjawan (Menteri Perdagangan Republik Indonesia ke 27), dan MC. Foto: Novi

JAKARTA, iNews Depok.id - Dalam mendukung visi Indonesia Emas 2045 yang menetapkan Indonesia sebagai "Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan," Jobstreet by SEEK meluncurkan gerakan #NextMillionJobs. Visi ini bertujuan menjadikan Indonesia negara dengan pendapatan per kapita setara negara maju serta keluar dari Middle Income Trap (MIT). Salah satu fokus utamanya adalah meningkatkan daya saing sumber daya manusia (SDM) angkatan kerja produktif Indonesia.

Melalui gerakan #NextMillionJobs, Jobstreet by SEEK berupaya menciptakan satu juta peluang kerja baru untuk menyerap tenaga kerja Indonesia guna menggerakkan roda perekonomian nasional.

Namun, data Kementerian Ketenagakerjaan 2023 menunjukkan kesenjangan seperti sektor industri mengalami kekurangan tenaga kerja terampil, sementara lulusan perguruan tinggi sering kesulitan mencari pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka. Terlebih lagi, terdapat sekitar 463.000 lowongan pekerjaan yang tersedia di seluruh Indonesia. Kebutuhan untuk lebih banyak informasi mengenai lowongan kerja yang relevan menjadi semakin jelas, sehingga diperlukan upaya untuk membuka kesempatan kerja yang lebih luas.

Melalui gerakan #NextMillionJobs, Jobstreet by SEEK berupaya memperluas akses informasi lowongan kerja, memberdayakan tenaga kerja, serta memastikan pencari kerja memiliki platform yang aman dalam pencarian dan penawaran pekerjaan. Dengan kolaborasi antara pemerintah, industri, dan pencari kerja, inisiatif ini diharapkan dapat membantu menciptakan ekosistem ketenagakerjaan yang inklusif dan mendukung tercapainya visi Indonesia Emas 2045. Selain itu, gerakan ini juga diharap dapat mengurangi ketidakcocokan keterampilan dan mempromosikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. 

“Visi Indonesia Emas 2045 mengedepankan peningkatan daya saing SDM, pengembangan infrastruktur, dan pemanfaatan teknologi untuk mencapai pendapatan per kapita Rp 320 juta dan PDB USD 7 triliun. Ketenagakerjaan menjadi kunci untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan daya saing. Mengidentifikasi dan menjembatani kesenjangan keterampilan antara pendidikan dan industri sangat penting. Dukungan terhadap inisiatif yang bertujuan menciptakan satu juta lapangan pekerjaan, akan memperkuat kolaborasi antara pemerintah, industri, dan pendidikan untuk mempersiapkan tenaga kerja menghadapi tantangan global serta memberikan kontribusi positif untuk pertumbuhan ekonomi nasional,” ungkap Gita Wirjawan, Edukator, Pengusaha, dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia ke 27.

Pasar tenaga kerja Indonesia saat ini menghadapi tantangan kompleks baik bagi pemberi kerja maupun pencari kerja. Pencari kerja sering mengalami kesulitan akibat perekrutan yang tidak terstruktur, menyulitkan mereka untuk mendapatkan informasi pekerjaan yang akurat, relevan, dan aman. Sementara itu, pemberi kerja kesulitan menemukan kandidat yang dengan kualifikasi yang dibutuhkan, menyebabkan ketidakcocokan antara pekerjaan yang tersedia dan keterampilan tenaga kerja. Hal ini berdampak pada efisiensi perekrutan dan penyerapan tenaga kerja.

Oleh karena itu, penting bagi seluruh pemangku kepentingan, termasuk Jobstreet by SEEK, untuk mempermudah proses rekrutmen yang efisien, terstruktur, dan aman. Dengan teknologi AI global dari SEEK, Jobstreet by SEEK menghubungkan pemberi kerja dan pencari kerja lebih tepat, cepat, dan aman meliputi 8 negara di Asia Pasifik. Sebagai bagian dari gerakan #NextMillionJobs yang bertujuan menciptakan satu juta lowongan pekerjaan baru dalam setahun, Jobstreet by SEEK memberikan iklan lowongan kerja di platform yang aman secara gratis sejak Juni 2024, dimulai dari daerah di luar pulau Jawa.

Varun Mehta, COO, Jobstreet by SEEK mengatakan, “SEEK berkomitmen untuk mendukung pasar kerja Indonesia melalui platform online Jobstreet by SEEK dan kantor kami di 7 kota di Indonesia. SEEK juga telah berinvestasi dalam teknologi AI yang mempermudah pencarian kerja yang relevan dan membantu proses perekrutan yang efisien. Indonesia diproyeksikan sebagai ekonomi terbesar di Asia Tenggara dengan lebih dari 280 juta penduduk, yang didominasi dengan lebih dari 69% kelompok usia produktif, memiliki potensi besar dalam menyediakan tenaga kerja profesional untuk kebutuhan nasional maupun global. Melalui gerakan #NextMillionJobs, kami bertujuan menciptakan satu juta peluang kerja baru dalam setahun, untuk itu kami menyediakan satu juta iklan lowongan gratis, serta berkolaborasi dengan pemerintah dan sektor swasta untuk mempercepat penyerapan tenaga kerja, meningkatkan peluang kerja, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.”

Melalui gerakan #NextMillionJobs, Jobstreet by SEEK mengajak publik untuk terus optimis terhadap peluang kerja yang semakin terbuka di seluruh Indonesia. Selain mendorong pemberi kerja untuk membuka satu lowongan kerja untuk meningkatkan peluang, Jobstreet by SEEK juga mengajak masyarakat untuk turut berkontribusi dalam membagikan satu lowongan kerja kepada lingkungan sekitar, teman, keluarga, atau kerabat dalam rangka mendorong perekonomian nasional. 

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut