get app
inews
Aa Read Next : Perang dengan Rusia Ekonomi Ukraina Hancur, Butuh Bantuan USD 3 Miliar Tiap Bulan

Rusia Siaga Nuklir, Latihan Digelar di Laut Barents

Kamis, 03 Maret 2022 | 09:35 WIB
header img
Ilustrasi peluncuran rudal balistik antar benua (Foto: Reuters)

MOSKOW, iNews.id - Kapal selam nuklir Rusia berlayar untuk latihan di Laut Barents dan peluncur misil bergerak menjelajahi hutan salju  di Siberia Rabu (02/03/2022). Kapal selam nuklir Rusia ini merupakan andalan Rusia karena bisa dipersenjatai rudal balistik antar benua berujung nuklir.

Seperti dilansir dari APNews.com, latihan kapal selam nuklir digelar setelah Presiden Vladimir Putin memerintahkan pasukan nuklir negaranya untuk waspada atas ketegangan dengan Barat terkait invasi ke Ukraina

Armada Utara Rusia mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa beberapa kapal selam nuklirnya terlibat dalam latihan yang dirancang untuk “melatih manuver dalam kondisi badai.” 

Disebutkan beberapa kapal perang yang bertugas melindungi Semenanjung Kola Rusia barat laut, di mana beberapa pangkalan angkatan laut berada, akan bergabung dalam manuver tersebut. 

Di wilayah Irkutsk di Siberia Timur, unit-unit Pasukan Rudal Strategis menyebarkan peluncur rudal balistik antarbenua Yars di hutan untuk mempraktikkan penyebaran rahasia, kata Kementerian Pertahanan dalam sebuah pernyataan.
 
Militer tidak mengatakan apakah latihan itu terkait dengan perintah Putin pada Minggu untuk menempatkan pasukan nuklir negara itu dalam siaga tinggi di tengah perang Rusia di Ukraina. 

Juga tidak jelas apakah latihan tersebut mewakili perubahan dalam aktivitas atau postur pelatihan nuklir normal negara itu. Keputusan Putin berlaku untuk semua bagian dari triad nuklir Rusia, yang seperti di AS, terdiri dari kapal selam nuklir yang dipersenjatai dengan rudal balistik antarbenua ICBM (Intercontinental Ballistic Missiles (ICBM) berbasis darat berujung nuklir, dan pembom strategis berkemampuan nuklir. 

Amerika Serikat dan Rusia sejauh ini memiliki dua persenjataan nuklir terbesar di dunia. 

AS mengatakan langkah Putin tidak perlu meningkatkan konflik yang sudah berbahaya, tetapi sejauh ini telah mengumumkan tidak ada perubahan dalam tingkat kewaspadaan senjata nuklirnya, mungkin sebagian karena tidak jelas apa arti perintah presiden Rusia secara praktis. 

Rusia dan AS memiliki segmen berbasis darat dan kapal selam dari kekuatan nuklir strategis mereka dalam keadaan siaga dan siap untuk pertempuran setiap saat.

Satu pihak meningkatkan kesiapan tempur nuklir dari pesawat pengebom atau memerintahkan lebih banyak kapal selam pengangkut ICBM ke laut akan membunyikan lonceng alarm untuk pihak lain. 

Dibandingkan dengan AS, Rusia lebih bergantung pada rudal balistik antarbenua berujung nuklir, yang terletak di silo atau dipasang pada peluncur bergerak. Perubahan status kesiapan mereka bisa lebih sulit dikenali dan dinilai. 

Perintah Putin meningkatkan ketegangan yang sudah melonjak, menarik perbandingan dengan Krisis Rudal Kuba 1962 yang membuat Moskow dan Washington tertatih-tatih di ambang konflik nuklir. 

Dalam mengumumkan keputusannya, Putin mengutip “pernyataan agresif” dari kekuatan NATO dan sanksi baru Barat yang melumpuhkan yang membekukan cadangan mata uang keras Rusia. Sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang mengancam akan memiliki konsekuensi yang menghancurkan bagi ekonomi dan keuangannya. 

Pernyataan terbaru dari Putin dan pejabat Rusia lainnya menunjukkan pandangan Kremlin tentang sanksi Barat sebagai ancaman yang setara dengan agresi militer. Dmitry Medvedev, wakil kepala Dewan Keamanan Rusia, Selasa menanggapi Menteri Keuangan Prancis Bruno Le Maire yang berkomentar bahwa Uni Eropa akan melancarkan "perang" ekonomi dan keuangan habis-habisan melawan Rusia. 

“Hari ini, beberapa menteri Prancis mengatakan bahwa mereka menyatakan perang ekonomi terhadap Rusia,” Medvedev, yang menjabat sebagai presiden pengganti Rusia pada 2008-2012 ketika Putin harus beralih ke jabatan perdana menteri karena batasan masa jabatan. 

“Jaga lidahmu, Tuan-tuan! Dan jangan lupa bahwa dalam sejarah manusia, perang ekonomi cukup sering berubah menjadi perang nyata.”
 

Editor : Ikawati

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut