get app
inews
Aa Read Next : Lambang D, Dukungan dr Farabi dan Para Tokoh pada Kelanjutan Pembangunan Depok

Kaum Sarungan Ingin Berlari di Kota Depok: Muskercab PCNU 2024

Senin, 09 September 2024 | 21:46 WIB
header img
Ketua PCNU Kota Depok periode 2024-2029, KH Achmad Solechan menyerukan kaum NU Depok untuk berlari guna memuliakan umat dan memajukan Kota Depok. Foto: Mada Mahfud

DEPOK, iNews Depok.id – Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) menggelar Pelantikan dan Musyawarah Kerja Cabang Kepungurusan Periode 2024-2029. Bisakah pengurus baru PCNU  mampu membuat kaum sarungan (sebutan kaum NU) berlari di Kota Depok?

Pelantikan dan Muskercab berlangsung di Balairung Dwidjosewodjo, Hotel Bumi Wiyata, Depok, Sabtu (7/9/2024).

Ketua PCNU Kota Depok periode 2024-2029, KH Achmad Solechan dalam pidato sambutannya menyatakan NU Kota Depok telah bertahun-tahun puasa. Kepengurusannya bertekad membawa NU di Kota Depok pelan-pelan naik kelas.

”Kita melakukan konsolidasi organisasi, konsolidasi ideologi, konsolidasi ekonomi. Kita akan turunkan itu dalam program nyata dan konkrit. Depok akan maju bersama Nahdlatul Ulama,” seru KH Achmad Solechan yang akrab disapa Kyai Alex.

Kyai Alex berharap Muskercab melahirkan rekomendasi-rekomendasi eksternal untuk menjalin hubungan kemitraan dengan berbagai pihak. Juga sinergitas yang lebih baik lagi dengan Pemkot Depok.

Menurut Kyai Alex agar berkembang, NU Depok mesti terus bergerak. Ia mengutip kata-kata Albert Einstein bahwa orang naik sepeda harus terus bergerak. Jika berhenti, orang akan jatuh.

”Tanpa pergerakkan, organisasi ini mati. Dan kita harus punya peta supaya tak salah tujuan,” tegas Kyai Alex.

Kyai Alex mengungkapkan ada 3 program besar yang menjadi mandat kepengurusan PCNU 2024-2029 yaitu penguatan bidang pendidikan, kesehatan dan ekonomi.

Di bidang pendidikan, Depok yang masuk cabang NU kategori A diwajibkan memiliki lembaga pendidikan bertaraf SMA. Sedangkan bidang kesehatan akan dididikan klinik pratama, dan bidang ekonomi dengan membangun badan usaha miliki NU.

Untuk mencapai program tersebut, Kyai Alex menyebut tahun 3 tahun pertama adalah merancang, penggalangan sumber daya dan sumber dana.

”Tahun ke-4 operasionalkan apa yang dicita-citakan. Ini kerja besar, kalau tak mulai, ini tak terjadi,” jelas Kyai Alex.

Sementara itu Ketua Panitia Muskercab PCNU 2024, H Acep Azhari menyatakan konsep Pelantikan dan Muskercab sengaja dilakukan di Hotel Bumi Wiyata Margonda sebagai bentuk motivasi.

”Kita harus pede dan berpikir besar,” tegas H Acep.

Menurut H Acep untuk mewujudkan 3 program besar, PCNU Depok sudah menjalin kerja sama dengan pihak eksternal.

Untuk badang usaha ekonomi, PCNU Depok sudah membentuk jaringan untuk mendirikan gudang pangan. Sedangkan pendirian klinik pratama dijalin kolaborasi dengan sebuah rumah sakit.

”Ketiga PCNU akan punya lembaga pendidika baik SMU dan SMA,” ujar H Acep Azhari.

Baik Kyai Alex dan H Acep Azhari yakin dengan 3 program besar tersebut NU Depok alias kaum sarungan akan mulai berlari guna memulikan umat dan memajukan Kota Depok.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut