get app
inews
Aa Read Next : Kementan Pacu Indeks Pertanaman Dengan PAT

Gaet Milenial Peduli Pertanian, Kementan Bentuk Program Inkubator Bisnis

Rabu, 28 Agustus 2024 | 23:37 WIB
header img
Kementan buka program Inkubator Bisnis. Foto: Ist

BANJARBARU, iNews Depok.id – Regenerasi petani dan penumbuhan jiwa wirausaha pertanian menjadi fokus dari program Kementerian Pertanian (Kementan), salah satunya dengan Program Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang merupakan kerja sama dengan International Fund for Agricultural Development (IFAD) yang mengembangkan program Inkubator Bisnis.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman terus berupaya meningkatkan produksi pangan strategis. Mentan mengajak anak muda Indonesia untuk aktif terlibat pada sektor pertanian sebagai pilar keberlanjutan pangan nasional.

"Keterlibatan petani muda dalam pembangunan sektor pertanian Indonesia menjadi faktor keberlanjutan pangan nasional. Petani muda harus menjadi contoh bagi petani lainnya," kata Amran, Rabu (28/8/2024).

Sejalan dengan itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) Idha Widi Arsanti menjelaskan program YESS menjadi salah satu barometer menciptakan petani milenial yang bisa memberdayakan sumber daya alam dengan kekuatan sumber daya manusia di dunia bisnis.

Melalui arahan di atas, BPPSDMP mencetuskan program Inkubator Bisnis. Program ini merupakan upaya BPPSDMP, Kementan dalam menyiapkan SDM pertanian yang unggul yang menggeluti pertaniannya bukan hanya pada proses budidaya namun juga berorientasi bisnis.

Upaya mendukung keberlanjutan usaha alumninya, SMK-PP Negeri Banjarbaru mendirikan Inkubator Bisnis SMK-PP Negeri Banjarbaru melalui peran YESS.

Melalui Program YESS ini, SMK-PP Negeri Banjarbaru selaku Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalimantan Selatan, telah melakukan rekruitmen tenant Inkubator Bisnis (IB) untuk 2024, yang kali ini telah sampai ke tahap penandatanganan kontrak antara Inkubator Bisnis SMK-PP Negeri Banjarbaru.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut