get app
inews
Aa Read Next : AXA Financial Indonesia Memperkenalkan Asuransi Kesehatan Baru yang Lebih Fleksibel

Sentuhan Nyata AXA, Mengubah Hidup Masyarakat Desa Kedung Dalem Melalui AFI Berbagi

Rabu, 28 Agustus 2024 | 15:22 WIB
header img
Ki-ka: Susanto, masyarakat penerima manfaat, Suryadi, Niharika Yadav, Cicilia Nina, dr.Sonia Novita Sari, dan masyarakat penerima manfaat. Foto: Novi

Literasi keuangan diberikan kepada ibu rumah tangga dan anak-anak di Desa Kedung Dalem. Literasi keuangan dasar bagi ibu-ibu rumah tangga dilakukan dengan mengangkat topik seperti cara membedakan keinginan dan kebutuhan, pengelolaan keuangan rumah tangga, hingga bagaimana menyikapi pinjaman online dan memperkenalkan alternatif lembaga keuangan peminjaman yang resmi. Sedangkan untuk anak-anak tingkat Sekolah Dasar, literasi keuangan mencakup pengertian akan uang hingga pentingnya menabung dengan tujuan agar mereka lebih bijak dalam menjajakan uangnya serta membangun inisiatif menabung sejak dini. 

"Kami sasar Ibu-ibu rumah tangga dan juga anak-anak, karena dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan) juga sedang menggencarkan literasi keuangan dengan sasaran perempuan dan anak-anak," ungkap Nina.

Sebagai tindakan nyata AXA Financial Indonesia dalam meningkatkan kualitas lingkungan dan kesehatan Masyarakat, AFI Berbagi juga melakukan edukasi masyarakat untuk pengelolaan sampah rumah tangga yang bekerjasama dengan Puskesmas setempat. Literasi meliputi proses awal seperti pewadahan, pengumpulan, pemilihan, penggunaan ulang hingga pemrosesan akhir sampah dengan melibatkan masyarakat. 

Selain itu, AFI Berbagi melakukan kick-off revitalisasi sarana air bersih di area pemukiman Desa Kedung Dalem yang mengalami banyak kerusakan. Saat ini sarana air bersih tersebut hanya memiliki 1 toilet saja yang berfungsi dengan baik untuk memenuhi kebutuhan kurang lebih 12 Kepala Keluarga. Sarana air bersih ini juga memiliki fungsi sebagai tempat mencuci, mandi, dan kebutuhan sumber air bersih lainnya bagi warga sekitar.


Foto bersama anak-anak SD Negeri Kedung Dalam II. Foto: Ist

 

Suryadi, Kepala Desa Kedung Dalem, merasa sangat bersyukur dan berterima kasih atas kepedulian AXA Financial Indonesia terhadap warga desanya.

"Program-program yang dilakukan, mulai dari literasi keuangan, pengelolaan sampah, hingga dengan pembangunan sarana air bersih, semuanya sangat bermanfaat untuk warga desa saya," ujar Suryadi.

Dalam kegiatan AFI Berbagi, AXA Financial Indonesia juga bekerja sama dengan RS Hermina Periuk Tangerang untuk menyediakan pemeriksaan kesehatan dasar seperti pemeriksaan tekanan darah, gula darah, dan konsultasi gratis oleh dokter. 

"Kami juga berikan penyuluhan kesehatan pada anak-anak, misal mengenai pentingnya kebersihan badan, cuci tangan yang benar, dan menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran anak-anak dan masyarakat akan kesehatan dirinya," tutur dr. Sonia Novita Sari, Perwakilan RS Hermina Periuk Tangerang.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut