get app
inews
Aa Read Next : Grand Launching Imam-Ririn Pilkada Depok 2024, Pendukung Penuhi Hotel Bumi Wiyata Depok

KIM Plus, Langkah Paling Realistis PKS Berlayar di Pilkada Jakarta

Kamis, 08 Agustus 2024 | 14:25 WIB
header img
Presiden PKS Ahmad Syaikhu (kiri) bersama Mohamad Sohibul Iman (tengah) calon yang diusung PKS di Pilkada DKI. Foto: Ist

JAKARTA, iNews.id - Bergabung dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM) Plus merupakan langkah yang paling realistis bagi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) untuk menghadapi Pilkada Jakarta. Ada dua alasan utama. Pertama, kesulitan dalam mencapai kesepakatan untuk berkoalisi dengan PDIP. Kedua, pelanggaran kesepakatan oleh Anies Baswedan, yang sebelumnya dijadwalkan akan diusung oleh PKS.

Direktur Eksekutif Trias Politika Strategis, Agung Baskoro, menjelaskan bahwa ada masalah yang belum terselesaikan antara PDIP dan PKS sejak Pilkada Jakarta 2017. Pada saat itu, PKS turut berkontribusi dalam kemenangan pasangan Anies Baswedan-Sandiaga Uno, yang mengalahkan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dari PDIP.

Dendam masa lalu ini, menurutnya, menjadi kendala dalam membentuk koalisi. Faktor lain yang menghambat adalah primordialisme, yang membuat PKS dan PDIP saling berhadap-hadapan.

"Secara institusi, ini memerlukan usaha ekstra. Basis pemilih dan ideologi yang berbeda, ditambah cerita yang belum selesai hingga hari ini, membuat situasinya kompleks," ujarnya di Jakarta, Kamis (8/8/2024).

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa PDIP tidak akan menerima PKS begitu saja yang mengusung duet Anies Baswedan-Sohibul Iman di Pilgub Jakarta 2024. PDIP memiliki beberapa tokoh potensial yang bisa diusung dan banyak kursi di Jakarta.

“Kecuali jika PDIP benar-benar tidak memiliki suara, tapi faktanya suaranya cukup dekat. Jadi, kurang realistis dan rasional jika PDIP hanya menerima begitu saja. Ini menyebabkan deadlock, bukan hanya untuk wakil tetapi secara keseluruhan,” tegas Agung.

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut