get app
inews
Aa Read Next : Lahir dari Keluarga Petani Hidup di Daerah Terpencil, Nono Bocah Jenius Juara Kompetisi Matematika

Tak Melulu Labuan Bajo, Kemenparekraf Gandeng Media Perkenalkan Destinasi Wisata Lain di Flores NTT

Sabtu, 20 Juli 2024 | 19:08 WIB
header img
Perjalanan Wisata Pengenalan bagi Media di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Kemenparekraf

JAKARTA, iNews Depok.id - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) terus berupaya memperkenalkan 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) di Indonesia, dengan fokus meratakan pengenalan destinasi wilayah di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mengajak awak media dalam program “Perjalanan Wisata Pengenalan Bagi Media di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Nusa Tenggara Timur (NTT)”. 

Anggara Kusuma Pradoko, Analis Kebijakan Ahli Muda sekaligus Ketua Tim Famtrip di Direktorat Pemasaran Pariwisata Nusantara, menyatakan bahwa tujuan utama dari program ini adalah untuk memperkenalkan 5 DPSP yang meliputi Danau Toba, Borobudur, Likupang, Mandalika, dan Labuan Bajo

“Kita saat ini mengeksplor Labuan Bajo. Sebetulnya, tujuan kami adalah agar wisatawan yang sudah berkunjung ke Labuan Bajo juga mendapatkan informasi untuk mengunjungi destinasi wisata lain di sekitar Labuan Bajo,” kata Anggara Kusuma Pradoko. 

Labuan Bajo telah dikenal luas sebagai salah satu destinasi utama di NTT. Namun, Anggara menekankan bahwa ada banyak destinasi menarik lainnya di Flores yang layak untuk diperkenalkan kepada wisatawan. Selain wisata alam, juga wisata sejarah dan wisata budaya. 

“Kita mulai dari Ende, ada Kelimutu di Flores yang juga menjadi daya tarik utama. Tidak hanya Labuan Bajo, tetapi ada beberapa destinasi lain seperti Flores, Lembata, dan Maumere,” tambahnya. 

Menurut Anggara, penyebaran informasi ini penting untuk menghindari kepadatan wisatawan yang hanya berfokus di Labuan Bajo dan memastikan pemerataan kunjungan wisatawan di seluruh wilayah Flores. 

“Penyebaran wisatawan harus segera dilakukan supaya nantinya kepadatan tidak hanya berfokus di Bajo. Ini juga penting untuk pemerataan bagi destinasi di sekitar Labuan Bajo,” jelasnya.

Dalam pelaksanaannya, para awak media yang berpartisipasi dalam program ini diperkenalkan dengan berbagai objek wisata yang tersebar dari Ende hingga Labuan Bajo, Flores, NTT. 

Beberapa di antaranya meliputi Desa Wisata Detusoko Barat, Desa Adat Wologai, Desa Wisata Bena Bejawa, Ae Mutu Tiga Rasa, Danau Tiga Warna Kelimutu, tempat produksi kopi Bajawa di Koperasi Serba Usaha (KSU) Fa Masa, sawah spider web di Ruteng, dan Labuan Bajo. 

Program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan minat wisatawan terhadap destinasi-destinasi lain di NTT, serta membantu mengembangkan potensi pariwisata di wilayah tersebut secara lebih merata. Melalui kerja sama dengan media, Kemenparekraf berharap informasi mengenai keindahan dan daya tarik wisata di Flores dapat tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas. 

Dengan terus memperkenalkan dan mempromosikan destinasi-destinasi wisata super prioritas ini, Kemenparekraf berkomitmen untuk mendukung perkembangan pariwisata di Indonesia dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif yang berkelanjutan.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut