get app
inews
Aa Read Next : Lahir dari Keluarga Petani Hidup di Daerah Terpencil, Nono Bocah Jenius Juara Kompetisi Matematika

Keajaiban Air Tiga Rasa di Kaki Gunung Kelimutu NTT

Sabtu, 13 Juli 2024 | 11:54 WIB
header img
Keajaiban Ae Mutu Tiga Rasa di Desa Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT). Foto: Laurent Nabila Zahra Tanjung

ENDE, iNews Depok.id - Keajaiban alam di Desa Waturaka, Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende,  Nusa Tenggara Timur (NTT). Terdapat destinasi wisata alam nan unik yang rasa airnya tidak hanya tawar, tetapi juga asin, dan asam.

Namanya Ae Mutu Tiga Rasa, berjarak sekitar 15 menit perjalanan dari Taman Nasional Kelimutu. Jika dari Kota Ende NTT sekitar 2-3 jam perjalanan.

Pengunjung dijamin akan betah berlama-lama. Udara sejuk dan aliran air yang unik, menjadikan Ae Mutu Tiga Rasa, sebuah destinasi wisata yang sulit dicari padanannya.

Tak heran, pada waktu-waktu tertentu, Ae Mutu Tiga Rasa dipenuhi pengunjung dari pagi hingga malam hari.

Soal rasanya yang tawar, manis dan asam ternyata berasal dari 3 mata air yang berdekatan dengan memiliki karakter berbeda.

Air asin berasal dari campuran mineral garam dengan air tanah. Air tawar mengalir langsung dari mata air pegunungan. Sedangkan air asam dihasilkan dari kandungan belerang tinggi dari Gunung Kelimutu.

Masyarakat setempat meyakini sumber air ini memiliki kekuatan magis dan dianggap sakral. Berbagai kisah legenda lokal muncul terkait dengan keberadaan destitansi unik ini.

Penduduk setempat meyakini bahwa Ae Mutu Tiga Rasa ini merupakan obat mujarab yang dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Evi, salah satu warga Desa Waturaka, menjelaskan banyak pengunjung datang dengan harapan masalah kesehatannya bisa sembuh seperti gangguan gatal-gatal pada kulit.

"Terus, pengalaman ada beberapa kali orang yang strok, bisa sembuh," tutur Evi.

Puas menikmati keajaiban Ae Mutu Tiga Rasa, wisatawan bisa melanjutkan eksplorasi keindahan alam sekitar dengan trekking di Taman Nasional Kelimutu, serta mengunjungi Danau Tiga Warna.

Wisatawan bisa melengkapinya melalui interaksi dengan warga sekitar untuk menggali sejarah dan budaya lokal NTT yang dikenal unik dan eksotis. Sempurnalah berkunjung ke NTT dengan memadukan wisata alam, wisata sejarah dan budaya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut