get app
inews
Aa Read Next : Sosok Salma Aulia, Calon Taruni Akpol Jago Karate dan Juara Kelas Dunia

Ini Dia Satu-satunya Wakil Papua Barat Dari Suku Oburauw Yang Memiliki Tiket Akpol

Sabtu, 20 Juli 2024 | 11:16 WIB
header img
Barbalin Naomi Kubewa dari suku Oburauw, menjadi satu-satunya Calon Taruni Akademi Kepolisian (Akpol). Foto: iNews Depok/Humas Polri

JAKARTA, iNewsDepok.id - Barbalin Naomi Kubewa dari Suku Oburauw, menjadi satu-satunya Calon Taruni Akademi Kepolisian (Akpol) yang mewakili Polda Papua Barat di proses seleksi tingkat panitia pusat. Mantan pasukan pengibar bendera ini ingin membuktikan perempuan dari Papua mampu mengabdi kepada negeri lewat Polri.

Barbalin atau yang akrab disapa Lin merupakan gadis kelahiran Jayapura 22 Mei 2005. Lin lahir dari keturunan sang ayah yang asli suku Oburauw dan ibunya suku Sunda.

"Saya merupakan gadis dari dua suku berbeda. Bapak saya suku di Papua, Oburauw. Ibu saya suku dari Jawa tepatnya Sunda," kata Lin, Jum'at (19/7/2024).

Lin yang besar di Papua Barat, sejak kecil terkenal cukup rajin hingga ketika bersekolah di SMA N 2 Kaimana, dia ditunjuk menjadi pemegang baki Bendera Merah Putih di tingkat Provinsi Papua Barat pada HUT RI ke-77 tahun 2022.

Dia sangat bangga karena menjadi orang pertama yang mewakili sekolahnya menjadi Paskibra tingkat provinsi. Setahun sebelumnya dia juga menjadi Paskibra di tingkat daerah, di Kaimana.

Sebagai putri asli Papua, Lin mengaku memiliki motivasi besar untuk menjadi abdi negara dan berkiprah di Polri.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut