get app
inews
Aa Read Next : Jika Ilmuwan Lain Perlu Mencatat Penemuannya, Nikola Tesla Tidak, Dia Cukup Menyimpannya di Kepala 

Kisah Tragis Nikola Tesla, Ilmuwan Jenius Penemu Arus Listrik Bolak Balik yang Tewas di kamar Hotel

Rabu, 19 Juni 2024 | 11:39 WIB
header img
Nikola Tesla, seorang ilmuwan jenius banyak membuat penemuan penting, salah satunya arus listri bolak balik. Foto: ist

NIKOLA TESLA dilahirkan sebagai etnis Serbia di sebuah desa di Smiljan, Lika, Kekaisaran Austria (sekarang Kroasia) pada tanggal 10 Juli 1856.

Nikola (nama panggilan sewaktu kecil) memiliki bakat memori eidetik dan kemampuan kreatif dari genetika dan pengaruh ibunya, Duka Tesla. Dia mampu mengingat segala sesuatu tanpa harus menggambarnya, termasuk saat Nikola Tesla merancang beberapa penemuan pentingnya. Sementara ayahnya, Milutin Tesla adalah seorang pendeta.

Perjalanan Tesla ke dunia ilmu pengetahuan dan penemuan dimulai dengan pendidikannya di bidang rekayasa dan fisika. Setelah belajar di Technical University of Graz dan University of Prague, Tesla bekerja untuk berbagai perusahaan rekayasa listrik di Eropa.

Pada usia 28 tepatnya tahun 1884, Tesla memutuskan untuk pindah ke Amerika dengan modal 4 sen di saku dan beberapa artikel teknik yang ia tulis di dalam kopernya. 

Disana ia bertemu dengan Thomas Alva Edison yang juga insinyur listrik dan penemu lampu. Tesla kemudian bekerja bersama Edison selama beberapa bulan. Namun kerjasama keduanya berakhir takkala Edison menolak untuk membayar Tesla untuk pekerjaan yang sudah ia lakukan.

Akhirnya Tesla memutuskan untuk pergi dan terus melanjutkan tujuannya menjadi seorang penemu. Pada tahun 1887, pengusaha Amerika bernama George Westinghouse memberikan Tesla dana atau biaya untuk memulai sebuah perusahaannya sendiri.


Ilmuwan jenius Nikola Tesla

Editor : Sazili MustofaEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut