get app
inews
Aa Read Next : Selimut Misteri PPDB Kota Depok Jalur Prestasi

Wow! Universitas Gunadarma jadi Kampus Pertama di IKN, Jokowi Acungi Jempol

Kamis, 06 Juni 2024 | 11:43 WIB
header img
Ground breaking kampus pertama di IKN, kampus Universitas Gunadarma (UG) yang dihadiri langsung Presiden Joko Widodo. Foto: Ist

IKN, iNews Depok.id - Universitas Gunadarma menjadi kampus pertama di Ibu Kota Nusantara (IKN). Langkah kalangan dunia pendidikan tersebut mendapat apresiasi langsung dari Presiden Joko Widodo

Ground breaking kampus Universitas Gunadarma (UG) berlangsung di IKN (4/6/2024). Ini merupakan ground breaking tahap 6 di IKN. 

Langkah UG mendapat acungan jempol Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

“Saya sangat menghargai, mengapresiasi, Universitas Gunadarma sebagai kampus pertama yang akan dibangun di Ibukota Nusantara yaitu Universitas Gunadarma," kata Jokowi dalam sambutan jelang prosesi ground breaking. 

Kampus UG di IKN merupakan Kampus Program Doktor Internasional. Acara ground breaking diawali dengan tayangan site plan tiga dimensi dan disain gedung Kampus Program Doktor Internasional dengan iringan lagu “Gunadarma untuk Indonesia”. 

Rektor UG, Prof. Dr. E.S. Margianti, SE., MM. menyampaikan terima kasih atas dukungan Otoritas IKN atas kepercayaan dan dukungannya dalam terwujudnya Kampus Doktor Program Internasional UG di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN. 

"Untuk mendukung kota cerdas berkelanjutan di IKN melalui penyiapan SDM yang berkualitas, UG akan memindahkan fasilitas super komputer dari Kampus Jakarta ke Kampus Program Doktor Internasional ini," kata Prof Margianti. 

Berbagai fasilitas terkini akan disiapkan, khususnya dalam mendukung keilmuan di bidang data sains dan kecerdasan buatan. 

Desain Gedung Kampus ini telah melalui proses kurasi oleh Ridwan Kamil, Kurator Pembangunan IKN, yang juga menghadiri acara Ground Breaking. 

Desain gedung Kampus yang berlokasi di kawasan Edutown, salah satu kawasan strategis di IKN, menerapkan prinsip bangunan cerdas nusantara sesuai pedoman dari OIKN yang tertuang dalam Surat Edaran Kepala OIKN nomor 9 tahun 2023 tentang Pedoman Pembangunan Bangunan Cerdas di Ibu Kota Nusantara.

Acara ground breaking ini juga dihadiri oleh Menteri PUPR yang sekaligus menjabat sebagai plt. Kepala OIKN Dr. Ir. H. Basuki Hadimuljono serta wakil Plt. Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara/Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni dan segenap pimpinan OIKN, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Muhadjir Effendy, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Dalam Negeri Indonesia Jendral Polisi (Purn.) Prof. Drs. H. Muhammad Tito Karnavian, beserta Menteri pendamping Kabinet Indonesia Maju lainnya dan Pj. Gubernur Kalimantan Timur Akmal Malik, serta Pj. Bupati Penajam Paser Utara Makmur Marbun. 

Pimpinan UG menambahkan bahwa Universitas Gunadarma menyakini dengan pergantian kepimpinan OIKN yang baru akan mampu menjaga kesinambungan pembangunan di IKN serta menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para Investor di IKN saat ini sehingga mampu mempercepat kebijakan satu atap yang terintegrasi. Kami yakin dengan terjalinnya sinergitas tersebut akan mendorong lebih banyak rekan investor untuk melakukan investasi di IKN.

Acara bersejarah ini juga disiarkan secara langsung oleh UGTV dan direlay Radio Megaswara di tujuh kota. UGTV dan radio Megaswara merupakan lembaga penyiaran yang dikelola UG. Pada saat yang sama, UG menyelenggarakan rangkaian acara di 4 lokasi kampus di Jakarta, Depok, Bekasi, dan Karawaci Tangerang.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut