get app
inews
Aa Read Next : Genjot SDM Pertanian, Kementan Lakukan Pelepasan Nasional Mahasiswa MSIB di Kalteng

Mahasiswa FIB Universitas Brawijaya Kenalkan Batik dan Budaya Indonesia di Taiwan

Kamis, 23 Mei 2024 | 19:04 WIB
header img
Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) baru saja menyelesaikan program International Teaching Program (ITP) di Taiwan yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 19 Mei 2024. Foto: iNews Depok/Laurent

KAOHSIUNG-TAIWAN, iNewsDepok.id - Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Universitas Brawijaya (UB) baru saja menyelesaikan program International Teaching Program (ITP) di Taiwan yang berlangsung dari tanggal 4 hingga 19 Mei 2024. Program ini merupakan hasil kolaborasi antara FIB UB dengan National Sun Yat Sen University (NSYSU) Taiwan.

Sebanyak 11 mahasiswa FIB UB dari program studi Sastra Inggris dan Pendidikan Bahasa Inggris berkesempatan menjadi peserta program ITP tahun ini. Mereka dibagi menjadi tiga kelompok dan ditugaskan untuk menjadi pre-service teacher, mengenalkan bahasa Inggris dan budaya Indonesia kepada murid-murid sekolah menengah di Taiwan.

Batik, warisan budaya Indonesia yang tak ternilai, menjadi salah satu kebudayaan Indonesia yang diperkenalkan melalui program ITP. Para mahasiswa FIB UB membawa berbagai produk batik, mulai dari udeng, rok, atasan, dompet, hingga tempat pensil, untuk diperkenalkan kepada para siswa di Taiwan.

Tak hanya memamerkan keindahan batik, mereka juga membuka kesempatan bagi para siswa untuk mencoba pakaian batik yang dibawa.

"Memakai batik ini membuat saya terlihat cantik," ujar Emily, pelajar dari Yancheng Junior High School kepada iNews Depok, Kamis (23/5/2024).

Para mahasiswa FIB UB dibantu oleh sejumlah mahasiswa NSYSU yang berperan sebagai sahabat selama program berlangsung. Mereka membantu dan membimbing mahasiswa FIB UB dalam membuat rencana belajar atau lesson plan, menyesuaikan gaya ajar dengan budaya pendidikan di Taiwan, dan mempersiapkan proses belajar mengajar di kelas.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut