get app
inews
Aa Read Next : Menggali Potensi Pertanian di Lahan Rawa Demi Cegah Krisis Pangan Nasional

Tingkatkan Produksi Pangan Nasional, Kementan Perkuat Petani Millenial di Sumsel

Sabtu, 11 Mei 2024 | 06:31 WIB
header img
Alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI), dan penyuluh di Kecamatan Tanjung Lago dan Muara Telang, Banyuasin, Sumsel. Foto: dok. Kementan

BANYUASIN, iNewsDepok.id - Kementerian Pertanian (Kementan) terus berupaya meningkatkan produksi pangan, salah satunya melalui pengembangan agribisnis di lahan rawa. Diantaranya, Kecamatan Tanjung Lago dan Kecamatan Muara Telang, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan merupakan daerah lahan rawa pasang surut yang selama ini dikembangkan.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengejar peningkatan produksi pangan dalam negeri, salah satunya dengan mendorong optimalisasi lahan rawa.

Di kesempatan sebelumnya, Amran menuturkan jika dilakukan optimalisasi lahan rawa tersebut maka selain peningkatan produksi juga dapat menekan biaya pertanian menjadi 60 persen atau minimal 50 persen karena menggunakan mekanisasi, semua menggunakan mekanisasi.

Mendukung arahan Mentan, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan bahwa pembinaan wirausahawan muda adalah hal yang vital bagi generasi muda pertanian sehingga mampu mempersiapkan dan mencetak SDM pertanian yang andal, utamanya dalam pengembangan agribisnis lahan rawa.

“Jika banyak generasi yang tergugah hatinya dalam pengembangan usaha pertanian, hal itu akan menimbulkan dampak yang positif karena itu akan menjadi bekal bagi mereka ke depannya dalam rangka menopang perekonomian Indonesia terutama dalam swasembada pangan,” ujar Dedi, Jum'at (10/5/2024).

Bersama dengan Duta Petani Milenial Andalan, Slamet Wuryadi, Kepala BPPSDMP memberikan motivasi kepada para petani, alumni Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan)/Politeknik Enjinering Pertanian Indonesia (PEPI), dan penyuluh di Kecamatan Tanjung Lago dan Muara Telang.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut