get app
inews
Aa Read Next : Polres Metro Depok Kunjungi Sekolah Wirabuana untuk Berikan Nasehat Anti-Bullying

Airlangga Hartarto Tekankan Pentingnya Kerja Sama ASEAN dan Gulf Cooperation Council (GCC)

Selasa, 30 April 2024 | 08:20 WIB
header img
Foto : @airlanggahartarto_official

JAKARTA - iNewsDepok.id - Dalam sesi World Economic Forum (WEF), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menekankan pentingnya kerja sama antara ASEAN dan Gulf Cooperation Council (GCC) sebagai dua kekuatan ekonomi baru.

Sejumlah menteri dari negara ASEAN dan GCC lainnya untuk menentukan cara kerja sama antar regional di kedua wilayah ini dapat "naik tingkat" dan menyongsong pertumbuhan yang berkelanjutan di tengah ketidakpastian global.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kerja sama di kawasan ini sangat penting, terutama terkait dengan agenda domestik untuk mencapai Indonesia Emas pada tahun 2045, di tengah perlambatan ekonomi global dan peningkatan ketegangan geopolitik.

"ASEAN mempunyai trade bloc yang besar yaitu RCEP, yaitu ASEAN + 6 negara. Jika ditambahkan dengan trade bloc GCC, maka ini akan menjadi mega trade bloc terbesar di dunia. Trade bloc ini dapat memfasilitasi berbagai potensi kerja sama di sektor perdagangan, investasi, digital ekonomi, keuangan syariah, UMKM, dan pertukaran pemuda," ungkap Menko Airlangga.

Kerja sama ini akan membuka peluang investasi dan perdagangan baru yang akan meningkatkan ekonomi dua wilayah tersebut. Pertanian dan pariwisata sangat penting karena masing-masing memiliki keunggulan tersendiri, seperti kemungkinan kerja sama di bidang transisi energi, penyimpanan karbon, pendidikan, budaya, dan produk halal.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut