get app
inews
Aa Read Next : Regenerasi Petani, Kementan Gelar Bootcamp Petani Muda Pertanian Kementan 2024

Kementan Dorong Pembentukan Koperasi Petani di Kabupaten Banyuasin

Sabtu, 20 April 2024 | 21:41 WIB
header img
Koperasi Tuah Selebar Daun. Foto: dok. Kementan

BANYUASIN, iNewsDepok.id - Koperasi merupakan salah satu badan usaha yang dibentuk berdasarkan kesepakatan dan tujuan bersama anggota. Adanya koperasi diharapkan dapat membantu anggota dalam hal ini petani dalam mengembangkan usahanya.

Di Kabupaten Banyuasin tepatnya di Kecamatan Muara Telang kegiatan pertanian khususnya budidaya padi begitu pesat, permasalahannya belum ada koperasi yang menaungi para petani dalam menjalankan usahanya.

Untuk itu Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) Kementerian Pertanian  bersama SMK PP Negeri melakukan pendampingan pembentukan koperasi petani di Kecamatan Muara Telang yang mulai dilakukan pada bulan April 2024.

Upaya tersebut sejalan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman untuk membangun ekosistem baru di sektor pertanian, agar generasi milenial untuk berusaha dan berkembang, sehingga pertanian diminati anak muda.

“Saya ingin agar anak-anak muda kita juga mau melirik pertanian sebagai sektor yang diunggulkan,” kata Amran Sulaiman, Sabtu (20/4/2024).

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Kementan Dedi Nursyamsi mendukung target Mentan seraya berharap pembentukan koperasi akan mewujudkan pemberdayaan para pemuda tani untuk memanfaatkan sumberdaya alam pertanian di pedesaan secara optimal.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut