get app
inews
Aa Read Next : Ini Calon Wakil Wali Kota Depok dari Golkar, Ririn Farabi Arafiq

Warga Kelurahan Jatijajar Sulap Sampah jadi Barang Bernilai Ekonomis

Senin, 15 April 2024 | 11:04 WIB
header img
Manajemen PT DLP mendampingi kegiatan pengolahan sampah di Kelurahan Jatijajar. Foto : Indra Siregar.

DEPOK, iNews Depok.id - Warga di Kelurahan Jatijajar, Kecamatan Tapos, memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya melakukan pemilahan dan pengolahan sampah.

Selain mencegah penumpukan sampah di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Cipayung, kegiatan pemilahan dan pengolahan sampah juga bisa menambah sendi perokoniman warga.

Salah satunya kegiatan pemilahan dan pengolahan sampah yang dilakukan warga Jatijajar di sekitar PT Depok Logistik Properti (DLP).

Warga di sana berkolaborasi dengan manajemen DLP untuk melaksanakan pemilahan dan pengelolaan sampah yang ada di DLP.

Head of General Affair PT DLP, Fahrul Abrori mengatakan, manajemen PT DLP berkomitmen untuk meningkatkan kemandirian ekonomi warga sekitar lewat sektor pengolahan sampah.

"Komitmen kami sejalan dengan semangat Pemerintah Kota Depok untuk mewujudkan semangat zero waste city di lingkungan masyarakat, maka itu kami sudah menjalin kolaborasi mengenai pengolahan sampah dengan warga di sekitar perusahaan kami," kata Fahrul.

Dia mengungkapkan bentuk kolaborasi yang dilakukan PT DLP adalah berupa pelatihan manajemen pengolahan sampah bagi warga, khususnya pemuda yang ada di sekitar mereka.

"Kami memberikan pelatihan manajemen pengolahan dan pemasaran sampah agar menjadi nilai ekonomis. Selain itu kami juga memberikan pelatihan terkait pengolahan sampah menjadi bahan kerajinan yang bisa diubah menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi," ungkapnya.

Dia menyebutkan, dukungan yang lain adalah dengan memberikan limbah bernilai ekonomi dari dalam perusahaan kepada warga sekitar untuk diolah, bahkan bisa dijual langsung kepada pengepul.

"Limbah bernilai ekonomis seperti karton, kardus, plastik, dan berbagai bahan bernilai ekonomi dari tenan kami diserahkan semua untuk dikelola masyarakat sekitar," terangnya.

Dia berharap dengan adanya kolaborasi ini, semangat pemilahan dan pengolahan sampah di masyarakat bisa meningkat, sehingga semangat Depok Zero Waste City bisa segera terwujud.

"Semoga usaha ini juga bisa membawa dampak yang baik bagi perekonomian masyarakat di sekitar perusahaan kami," imbuhnya.

Sementara itu, tokoh masyarakat di sekitar PT DLP, Samalludin mengapresiasi dukungan yang diberikan PT DLP kepada lingkungan mereka.

"Alhamdulillah dengan adanya dukungan ini, warga kami jadi lebih peduli akan kebersihan lingkungan. Sekarang mereka sudah rajin memilah sampah semenjak dapat pelatihan dari PT DLP," tutupnya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut