get app
inews
Aa Read Next : UI Bakal Lahirkan Subspesialis Luka Tulang, Adu Sakti dengan Ahli Tulang Cimande?

Program Half Minor FKUI-LUMC Kembali Sukses, 11 Mahasiswa Berkuliah di Belanda

Sabtu, 06 April 2024 | 16:07 WIB
header img
Kerjasama Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan The Leiden University Medical Center (LUMC), Belanda, melalui program Half Minor. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Kerjasama antara Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) dan The Leiden University Medical Center (LUMC), Belanda, kembali terjalin melalui program Half Minor. Sebelas mahasiswa FKUI terpilih untuk mengikuti program ini dengan beasiswa dari FKUI dan LUMC.

Para mahasiswa mengikuti perkuliahan di LUMC selama 3 bulan (September-November 2023) dengan pilihan topik yang beragam, seperti Heart and Blood Vessels, Global Health, dan Medical Technology.

Kesebelas mahasiswa tersebut adalah Alifia Maharani Putri (FKUI 2018), Ghina Rania (FKUI 2019), Christopher Christian (FKUI 2018), Stephanie Gosal (FKUI 2018), Kareen Tayuwijaya (FKUI 2018), Anindya Putra Julianno (FKUI 2019), Nabilah Nurul Islami (FKUI 2018), Annisa Putri Aulia (FKUI 2018), Ris Raihan Felim (FKUI 2018), Muhammad Ikhsan Nur Karim (FKUI Kelas Internasional 2016), dan Shafa Ayuthaya (FKUI 2018).


Para mahasiswa mengikuti perkuliahan di LUMC selama 3 bulan (September-November 2023). Foto: Ist

 

Salah seorang mahasiswa yang terpilih, Shafa Ayuthaya, mengaku senang bisa mengikuti program Half Minor ke LUMC Belanda karena mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru yang luar biasa.

“Saya sangat tertarik mengikuti program Half Minor ke LUMC, karena pengalaman ini banyak membuka wawasan saya terutama dari segi manajemen rumah sakit, sistem kesehatan, dan juga sistem pendidikannya. Saya jadi ingin tahu lebih dalam dan membandingkan sistem kesehatan di Indonesia dengan Belanda itu seperti apa, karena Asia dan Eropa kan sangat berbeda," ujarnya.

Sementara itu, Christopher Christian, peserta lainnya, mengatakan bahwa program pertukaran ini memberikan kesempatan emas bagi mahasiswa Indonesia untuk memperluas wawasan dan memperdalam pemahaman tentang berbagai budaya. 

“Menjalani kehidupan di benua lain membuka mata saya terhadap aspek-aspek kehidupan yang beragam, seperti pentingnya kemandirian dan pemahaman tentang keberadaan kehidupan di belahan dunia lain dengan sistem dan budaya yang berbeda dari Indonesia. Lebih dari itu, pengalaman pertukaran pelajar ini juga memperkuat kesadaran saya akan keunikan budaya Indonesia, yang semakin menguatkan rasa cinta saya terhadap tanah air,” ucapnya.

Ditambahkan Annisa Putri Aulia, melalui program ini, ia mendapatkan kesempatan untuk belajar di luar negeri. "Dengan begitu, saya dapat mengembangkan pemahaman saya tentang berbagai aspek, tidak hanya dalam bidang kedokteran, tetapi juga dalam hal budaya dan kehidupan di negara lain. Saya berusaha memetik pelajaran berharga yang bisa diterapkan di Indonesia di masa mendatang,” jelas Annisa.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut