get app
inews
Aa Read Next : JK Tolak Usulan BNPT Ingin Kontrol Rumah Ibadah Guna Cegah Radikalisme

Gedung Bekas Gereja Disulap Jadi Masjid Pertama Milik Muslim Indonesia di Toronto Kanada

Selasa, 02 April 2024 | 08:58 WIB
header img
Masjid pertama milik Muslim Indonesia di Kanada ternyata adalah bangunan bekas gereja terletak di Toronto. Foto: Ist/Dok

TORONTO, iNewsDepok.id - Masjid pertama milik Muslim Indonesia di Kanada ternyata adalah bangunan bekas gereja terletak di Toronto. Pembelian gedung bekas gereja itu dananya berasal dari Muslim Indonesia di Kanada serta Tanah Air, Indonesia.

Bangunan bekas ini resmi beralih hak milik pada  4 Mei 2021 lalu dan langsung dijadikan masjid bernama Istiqlal Islamic Centre of Toronto (IICT). Anggota Dewan IICT, Ned, mengatakan total pembelian gedung mencapai Rp7 miliar.

Menurut Ned, struktur bangunan tidak banyak berubah untuk masjid, cukup menambah  fasilitas tempat wudhu dan kamar mandi. Fasilitas lain seperti dapur, kantor, dan perpustakaan dapat langsung digunakan. 

Mereka juga tidak perlu mengubah arah bangunan ke arah kiblat karena gedung yang terdiri dari dua lantai tersebut sudah menghadap ke arah Kakbah. "Kami hanya perlu menggelar karpet saja. Masjid ini mampu menampung sekitar 200 jamaah," katanya.

Masjid-masjid lain di Toronto dan sekitarnya, seperti Masjid Sayeda Khadija Centre dan Taric Islamic Centre, juga beroperasi namun bukan milik Muslim Indonesia.

Editor : Vitrianda Hilba Siregar

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut