get app
inews
Aa Read Next : Sambut Generasi Emas 2045, Perempuan Jenggala Siapkan Wanita Tangguh Dalam Sektor Ekonomi

"Ring the Bell for Gender Equality” Serukan Investasi untuk Pemberdayaan Ekonomi Perempuan

Jum'at, 15 Maret 2024 | 16:11 WIB
header img
Acara tahunan Ring the Bell for Gender Equality (RTBFGE) 2024 dengan tema “Invest in Women: Accelerate Progress” Kamis, 14 Maret 2024 di Gedung Bursa Efek Indonesia. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Untuk kelima kalinya, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama dengan Badan PBB untuk Kesetaraan Gender dan Pemberdayaan Perempuan (UN Women), International Finance Corporation (IFC), Indonesia Global Compact Network (IGCN), dan Indonesia Business Coalition for Women’s Empowerment (IBCWE), menyelenggarakan pembunyian bel untuk kesetaraan gender demi meningkatkan perhatian tentang peran sektor swasta dalam mendorong pencapaian kesetaraan gender. 

Tahun ini, 121 Bursa Efek di seluruh dunia ikut merayakan 10 tahun “Ring the Bell for Gender Equality” untuk memeringati Hari Perempuan Internasional yang jatuh setiap 8 Maret.

Acara “Ring the Bell for Gender Equality” yang digelar di  memberikan refleksi tentang tema Hari Perempuan Internasional 2024 dari UN Women “Berinvestasi pada Perempuan: Mempercepat Kemajuan” yang menyorot pentingnya kesetaraan gender sebagai cara terbaik untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi dan membangun masyarakat yang lebih sejahtera dan setara. 

Berinvestasi pada perempuan menjadi sangat penting seiring dengan situasi global, seperti krisis, konflik, dan perubahan iklim yang memberikan dampak tidak proporsional terhadap perempuan dan anak perempuan. 

Harus diketahui, 1 dari setiap 10 perempuan di dunia, hidup dalam kemiskinan ekstrem dan hanya 61 persen perempuan yang berada dalam angkatan kerja. 

Di Indonesia sendiri, tingkat partisipasi angkatan kerja (TPAK) perempuan baru mencapai 54,4 persen, jauh di bawah partisipasi laki-laki.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Jika dilihat berdasarkan jenis kelamin (gender), TPAK masih didominasi laki-laki dengan partisipasi sebesar 83,18 persen. 

Kondisi ini tentu belum sejalan dengan kesetaraan gender yang gencar disosialisasikan dalam dunia kerja. Padahal, pemberdayaan perempuan sangat penting bagi perekonomian sebuah negara.

“Sesuai dengan tema “Berinvestasi pada Perempuan: Mempercepat Kemajuan”, kami juga berharap perusahaan-perusahaan di industri pasar modal Indonesia dapat lebih memberikan dukungan terhadap upaya pemberdayaan perempuan di angkatan kerja. Kami berharap dukungan ini tidak hanya pada Hari Perempuan Internasional saja, namun juga tercermin dalam aksi nyata sehari-hari untuk memperkuat posisi perempuan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam ranah bisnis dan ekonomi berkelanjutan,” tutur Risa E. Rustam, Direktur BEI dalam sambutannya di acara tahunan Ring the Bell for Gender Equality (RTBFGE) 2024 dengan tema “Invest in Women: Accelerate Progress” pada Kamis, 14 Maret 2024 di Main Hall BEI Lantai GF, Gedung Bursa Efek Indonesia Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53, Jakarta.

Dwi Faiz, Head of Programmes UN Women Indonesia mengatakan, “Acara pembunyian bel hari ini menandakan komitmen penuh perusahaan, investor, dan bursa saham untuk mendukung kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan. Fakta bahwa acara “Ring the Bell for Gender Equality” telah dilaksanakan secara berturut-turut sejak tahun 2020 di Hari Perempuan Internasional, menunjukkan signifikansi dari acara ini. Acara ini menjadi bukti bahwa mewujudkan pemberdayaan ekonomi perempuan bukan hanya tanggung jawab moral, tetapi juga investasi ekonomi yang cerdas.”

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut