get app
inews
Aa Read Next : Ramah di Kantong dan Ramah di Lingkungan, U-Refill Hadir di Ratusan Bank Sampah Binaan Unilever

Dihadiri Jusuf Kalla, Masjid Akbar Kemayoran Bergema dengan Semarak Gerakan Masjid Bersih 2024

Kamis, 07 Maret 2024 | 08:10 WIB
header img
Tengah ki-ka: Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum Pengurus Pusat DMI dan Willy Saelan, Direktur Human Resources Unilever Indonesia. Foto: Novi

JAKARTA, iNewsDepok.id - Suasana di Masjid Akbar Kemayoran yang berada di RT.13/RW.6 Kebon Kosong, Jakarta Pusat, pada pagi hari itu Rabu, 6 Maret 2024 begitu meriah. 

Suara tawa dan canda para peserta bergema di seluruh penjuru Masjid. Tak jarang, mereka saling membantu dan bertukar cerita tentang pengalaman mereka dalam membersihkan Masjid.

Semangat kebersamaan dan gotong royong terlihat jelas dalam kegiatan ini. Para peserta, tua dan muda, bahu membahu membersihkan Masjid tanpa pamrih. Mereka menunjukkan bahwa kebersihan Masjid adalah tanggung jawab bersama.

Ya, menciptakan Masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Islam khususnya menyambut bulan Ramadan, Gerakan Masjid Bersih 2024 bukan hanya tentang membersihkan Masjid, tetapi juga tentang membangun kebersamaan dan meningkatkan keimanan umat Islam.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi semua pihak untuk terus menjaga kebersihan Masjid dan lingkungannya.

Sebagai informasi, program ”Gerakan Masjid Bersih 2024" adalah bentuk kolaborasi berkelanjutan antara Dewan Masjid Indonesia (DMI) dan Unilever Indonesia melalui lima brand­-nya yaitu Wipol, Vixal, Sunlight, Rinso, dan Molto.

Pada hari itu, mereka menggelar kegiatan bersih-bersih di salah satu Masjid ikonik di Jakarta, Masjid Akbar Kemayoran. 


Rangkaian program telah terselenggara sejak Januari lalu melalui pendistribusian 50.000 paket kebersihan bagi Masjid di seluruh wilayah Nusantara. Foto: Novi

 

Tidak hanya itu, dilakukan pula kunjungan langsung ke sejumlah Masjid Raya untuk bergotong-royong membersihkan Masjid, ditutup dengan Jakarta sebagai kota pelaksanaan terakhir. 

Melibatkan 350 relawan, acara hari itu turut dihadiri Ketua Umum Pengurus Pusat DMI, jajaran pengurus DMI Pusat maupun Wilayah DKI Jakarta, pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Masjid Akbar Kemayoran, jajaran Direksi Unilever Indonesia, serta sederetan tokoh masyarakat lainnya.

Dilaksanakan sejak 2017, ’Gerakan Masjid Bersih’ adalah inisiatif sosial berkelanjutan hasil kolaborasi antara DMI dan Unilever Indonesia untuk mendorong terciptanya Masjid-Masjid yang bersih dan nyaman bagi umat Muslim di seluruh Indonesia, khususnya pada bulan Ramadan.

Hingga kini, program tersebut telah didukung lebih dari 150.000 relawan, dan memberi manfaat kepada 220.000 Masjid di berbagai penjuru Tanah Air.

Terkait kerja sama ini, Dr. (H.C.) Drs. H. Muhammad Jusuf Kalla, Ketua Umum Pengurus Pusat DMI menyatakan, “Saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih bahwa menjelang Ramadan, kita meningkatkan lagi ‘Gerakan Masjid Bersih’. Di bulan Ramadan, semua orang akan bersujud di Masjid. Jika Masjid, toilet, tempat wudhu, atau atribut ibadahnya tidak bersih, bisa menimbulkan berbagai masalah. Maka ‘Gerakan Masjid Bersih’ sebagai bentuk kerja sama dengan Unilever sejak 7 tahun lalu ingin menggerakkan masyarakat kepada kebersihan. Ini hanya contoh, tapi 800.000 Masjid yang ada di Indonesia harus ikut menjalankan upaya ini secara bersama-sama. Jadi, gerakan dan kebersamaannya lah yang penting diutamakan. Sekali lagi terima kasih atas kerja sama semua pihak, khususnya dengan Unilever yang selalu menjadi bagian dari upaya baik ini.”

Selaku tuan rumah, Drs. H. Mahsruh Hadie SH MSi, Ketua DKM Masjid Akbar Kemayoran turut menyampaikan apresiasinya, “Pihak DKM Masjid Akbar Kemayoran sangat berterima kasih atas dipilihnya Masjid ini sebagai salah satu tempat pelaksanaan ‘Gerakan Masjid Bersih’. Merupakan sebuah fakta bahwa mensucikan dan merawat Masjid adalah sebagian dari bentuk keimanan umat Muslim. Insyaa Allah niat baik semua pihak mulai dari Unilever, Pemerintah hingga masyarakat akan menjadikan Masjid Akbar Kemayoran lebih berkembang lagi dari segi kebersihannya. Mari kita bersama-sama jaga kebersihan Masjid.”

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut