get app
inews
Aa Read Next : Panwaslu Kecamatan Sukmajaya Beberkan Capaian Kinerja dalam Menertibkan APK Pemilu 2024

KPU Kota Cirebon Gunakan Sari Kunyit saat Pemilu 2024 sebagai Pengganti Tinta

Kamis, 01 Februari 2024 | 20:05 WIB
header img
Ilustrasi kunyit. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cirebon akan menyiapkan pewarna khusus berupa sari kunyit sebagai pengganti tinta saat pencoblosan pada Pemilu 2024.

Sari kunyit untuk penanda warga yang sudah mencoblos itu akan disediakan di tiga TPS yang ada di Kampung Benda Kerep, Argasunya, Harjamukti, Cirebon. 

Pemilihan sari kunyit tidak lain untuk menghargai pandangan masyarakat yang menganggap penggunaan tinta akan membuat tidak sahnya wudu ketika ingin melaksanakan salat.

Penggunaan kunyit di beberapa TPS di Kota Cirebon sudah ada sejak tahun 2004. Meski begitu, KPU tetap akan menyediakan tinta yang biasanya dipakai saat pemilu.

KPU Kota Cirebon akan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti Bawaslu hingga partai politik peserta pemilu untuk melakukan kesepakatan penggunaan sari kunyit sebagai pengganti tinta di tiga TPS saat Pemilu 2024 nanti. 

Tokoh agama Kampung Benda Kerep Kiai Miftah menilai penggunaan kunyit tidak hanya berkaitan dengan ibadah, tapi juga dalam rangka membawa kegembiraan bagi petani kunyit.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut