get app
inews
Aa Read Next : 15 Tahun Berkarya, BINUS ONLINE Hadirkan 15.000 Konten Pembelajaran dan Apresiasi Semua Stakeholder

Program Pendidikan PSF Menjangkau 52.000 Guru dan Kepsek di Indonesia Sepanjang Tahun 2023 

Rabu, 31 Januari 2024 | 14:31 WIB
header img
Suasana pelatihan guru dalam Program Teacher Learning Center di Sulawesi Tenggara. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id - Putera Sampoerna Foundation (PSF), sebuah lembaga bisnis sosial yang berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia sejak tahun 2001, merangkum perjalanan berbagi praktik baik melalui inisiatif School Development Outreach (SDO). 

Pada tahun 2023, program-program PSF yang berjalan meliputi Lighthouse School Program (LSP), Teachers Learning Center (TLC) atau Pusat Belajar Guru (PBG), Professional Development Program (PDP), dan Guru Binar.

Program-program tersebut telah berkembang menjadi komunitas yang kuat, menginspirasi semangat kolaboratif untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama melalui peran penting guru, kepala sekolah, dan manajemen pendidikan.

PSF, sebagai mitra pembangunan resmi Kemendikbud Ristek RI dan dalam komitmennya untuk mengembangkan kurikulum Merdeka, menjalankan Program Organisasi Penggerak (POP) di lima wilayah Indonesia. 

Sepanjang tahun 2023, PSF berhasil memberikan manfaat program kepada 52.000 guru dan kepala sekolah, serta lebih dari 200.000 siswa melalui pelatihan kompetensi yang melibatkan 10.000 guru dan siswa. 

Program Guru Binar, melalui platform daringnya, berhasil menjangkau 79.000 pengguna. Dengan dampak yang luas, pelaksanaan program PSF-SDO di tahun 2023 memberikan pengaruh positif dan motivasi besar bagi peserta kegiatan.

Ilmu yang diperoleh oleh guru melalui pelatihan dapat diimplementasikan dalam lingkungan sekolah dan komunitas keguruan, memberikan kontribusi signifikan pada peningkatan prestasi siswa.

George Yudistira Irawan, Chairman, Board of Executive Putera Sampoerna Foundation, menyatakan bahwa PSF-SDO berhasil meraih berbagai pencapaian gemilang, bukan hanya sebagai prestasi yang membanggakan, tetapi juga sebagai dorongan untuk terus berkomitmen dalam memberikan kontribusi menyeluruh kepada sektor pendidikan Indonesia di tahun 2024.

Selama periode Oktober 2021 hingga Agustus 2023, PSF-SDO mendukung penerapan Kurikulum Merdeka oleh Kemendikbud Ristek melalui Program Organisasi Penggerak. 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut