get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Jadi ke-25 Kota Depok, Pemkot Depok Melalui DKUM Gelar Talkshow UMKM

Walkot Idris Inginkan Kota Depok Ramah Gender

Senin, 01 Januari 2024 | 19:27 WIB
header img
Wali Kota Depok, Mohammad Idris memberikan sambutan pada acara Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Depok 2025-2045. Foto: Diskominfo

DEPOK, iNewsDepok.id - Wali Kota Depok, Mohammad Idris memiliki cita-cita menjadikan Depok kota yang ramah gender, sehingga impian tersebut ingin dirumuskan ke dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.

"Fasilitas ramah gender dengan nuansa kesetaraan bahwa tidak hanya anak-anak yang perlu dilayani, tetapi juga remaja pemuda, lansia dan juga segala profesi," katanya, usai membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Kota Depok Tahun 2025-2045 di Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka II, Kamis (28/12/23).

Idris ingin Kota Depok mempunyai gedung perempuan sebagai tempat berkegiatan para perempuan Kota Depok.

"Wacana saya, cita cita dan mimpi saya, kita punya gedung wanita, dimana banyak wanita bisa berkegiatan di sana, ada Youth Center dengan berbagai kegiatannya fisik, nonfisik dan juga ada taman lansia, ungkapnya.

"Ini juga bagian dari ruang publik yang bisa dimanfaatkan, istilah saya tadi ramah gender seperti itu, dan kita juga punya tujuan yang disepakati oleh PBB di dunia untuk capaian Sustainable Development Goals (SDGs) ini harus dicapai tahun 2030," jelasnya.

Menurutnya, SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang berisi 17 tujuan yang ingin dicapai, hampir semua tujuan, poin-poinnya yang ada di Kota Depok ini sudah terlaksana.

"Sekitar 65 persen dari SDGs di Kota Depok sudah terlaksana, seperti stunting, penurunan prevalensi stunting, kemiskinan dan sebagainya" ujarnya.

"Sekecil-kecilnya tingkat kemiskinan ini diturunkan, setinggi-tingginya tingkat kesejahtraan masyarakat dilakukan, ini SDGs 2030, nah kita punya potensi besar itu," ucapnya.

Dia berharap, proses perumusan RPJPD dapat diselesaikan di akhir 2024, agar dapat diimplementasikan mulai tahun 2025.

"Awal sampai akhir tahun (2024) mudah mudahan bisa selesai, sehingga 2025 itu bisa disahkan dan diimplementasi mulai tahun 2025, ini karena terkait juga bertepatan dengan visi misi untuk Wali Kota terpilih nanti untuk Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD)-nya, periode pertama 2025-2030," jelasnya.

Selain itu juga, Kiai Idris menyampaikan tahun depan pihaknya akan merampungkan 90 persen janji kampanye mereka.

"InsyaAllah tahun depan sudah sampai 90 persen, 10 persen InsyaAllah saya sisakan untuk 2025, karena nanti terkait juga kebijaksanaan Wali Kota terpilih," tandas Kiai Idris.

Cita-cita Wali Kota untuk Depok 20 tahun Ke depan:

1. Creative Center

2. Cloud kitchen

3. Ruang Kreasi Disabilitas

4. Bumi Perkemahan Pramuka

5. Youth Center

6. Gedung Wanita seperti Jakarta

7. Taman Lansia

8. Pasar Rakyat (Ruang Depok Fair)

9. Pabrik Sampah

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut