get app
inews
Aa Read Next : Peringati Hari Jadi ke-25 Kota Depok, Pemkot Depok Melalui DKUM Gelar Talkshow UMKM

Depok Raih Penghargaan Anindhita Wistara Data

Rabu, 06 Desember 2023 | 12:15 WIB
header img
Sekda Kota Depok Supian Suri (kedua dari kiri) didampingi Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominfo Kota Depok Nancy Olivia Rossa (kiri) usai menerima Penghargaan Anindhita Wistara Data Dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral.

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok berhasil mendapatkan Penghargaan Anindhita Wistara Data Dalam Program Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral (EPSS) 2023 di Hotel Ritz-Carlton Pacific Place, Sudirman, Jakarta, Senin (04/12/23).

Terdapat dua kegiatan yang diajukan dan menjadi landasan penilaian dari lima domain.

Kepala Bidang Statistik dan Persandian Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Depok Nancy Olivia Rossa mengatakan, ada dua kegiatan yang diajukan. Yaitu kegiatan survei Indeks Kepuasan Masyarakat yang ada di Diskominfo dan kegiatan buku profile kesehatan yang ada di Dinas Kesehatan (Dinkes).

Dikatakannya, EPPS menjadi penting karena dijadikan sebagai salah satu komponen dalam pengukuran indeks reformasi birokrasi. Melalui penyediaan data statistik sektoral yang berkualitas, bisa menjadi landasan dalam perencanaan, evaluasi dan pengambilan kebijakan.

“Kami memiliki Tim Penilai Internal (TPI) yang terdiri dari Perangkat Daerah (PD). Tim ini yang mengingatkan PD untuk melakukan pelaksanaan statistik sektoral di masing-masing PD dengan kriteria-kriteria tertentu. Terbukti di tahun ini, kita bisa masuk 10 besar dalam Penghargaan Anindhita Wistara Data dari sekitar 500 kota dan kabupaten se- Indonesia,” jelasnya.

“Ini menjadi tantangan untuk PD sebagai produsen data agar peduli terhadap data yang diproduksi masing-masing opd. Data ini dibutuhkan PD untuk melihat dan mengevaluasi ke depan apakah kegiatan tepat sasaran atau tidak. Dengan data itu juga, kita bisa melakukan perencanaan lebih lanjut,” paparnya.

Untuk diketahui, Kota Depok menjadi kota dengan penilaian baik ketiga. Untuk Kota atau Kabupaten baik pertama diduduki oleh Kota Bandung dan kedua Kabupaten Lombok Barat.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut