get app
inews
Aa Read Next : Beraksi di Siang Bolong, Maling Sepeda Motor di Cinere Terekam CCTV

Depok Vaksinasi Ratusan Hewan Peliharaan di Kecamatan Cinere

Selasa, 21 November 2023 | 17:53 WIB
header img
Pelaksanaan pemberian vaksinasi rabies di Kecamatan Cinere pada 18-19 November 2023. Foto DKP3 Depok.

CINERE DEPOK, iNewsDepok.id - Pemberian vaksinasi rabies secara gratis untuk Hewan Penular Rabies (HPR) oleh Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok telah berhasil memvaksin 160 hewan peliharaan. Vaksinasi tersebut digelar pada 18-19 November 2023 di Kecamatan Cinere

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan DKP3 Kota Depok, Dede Zuraida mengatakan, pada pemberian vaksin rabies pihaknya menyiapkan 250 kuota. Dalam dua hari pelaksanaannya, pihaknya berhasil memvaksin 160 hewan dan 18 hewan gagal vaksin. 

“Kegiatan vaksinasi di Kecamatan Cinere telah divaksinasi sebanyak, 135 Kucing, 20 Anjing dan 5 Musang sedangkan yang gagal vaksin karena hewan sakit 17 kucing dan 1 Anjing. Vaksin diberikan secara gratis,” kata Dede, Selasa (20/11/23). 

Pemberian vaksin rabies sudah ketiga kalinya digelar DKP3 Kota Depok, sebelumnya pada bulai Mei 2023 di Kelurahan Beji Timur sebanyak 510 hewan peliharaan yang divaksin. Kemudian, pada Oktober 2023 vaksinasi rabies massal gratis kepada 269 ekor hewan peliharaan di Kecamatan Sukmajaya saat memperingati World Rabies Day 2023. 

“Kurang lebih 939 hewan di Kota Depok sudah ter vaksinasi. Alhamdulilah berjalan baik kegiatan vaksinasi rabies untuk tahun ini. Sebab pelaksanaan vaksinasi mendekati wilayah warga baik di wilayah timur dan barat,” ungkapnya. 

Rabies adalah penyakit yang mengancam jiwa yang ditularkan ke manusia, anjing merupakan sumber penularan dalam sebagian besar kasus rabies pada manusia. Rabies terdapat di semua benua dan mempengaruhi lebih dari 150 negara.

“Rabies merupakan penyakit Zoonosis yang sebenarnya bisa diwaspadai. Salah satunya dengan pemberian vaksin rabies kepada HPR. Beberapa waktu lalu viral terjadi kasus tertularnya rabies kepada orang akibat gigitan hewan penular rabies. Maka kegiatan ini menjadi upaya pencegahan," tutupnya.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut