get app
inews
Aa Read Next : Api Mengamuk, 3 Unit Kamar Kos di Depok Ludes Terbakar

Bahayanya Hewan Liar Masuk Pemukiman, Ini Himbauan Damkar Depok untuk Warga

Selasa, 10 Oktober 2023 | 18:25 WIB
header img
Petugas Damkar Depok mengevakuasi hewan liar di pemukiman warga. Foto: Dok.Damkar Depok.

DEPOK, iNewsDepok.id - Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk waspada jika menemukan hewan liar masuk ke pemukiman. Himbauan untuk masyarakat tidak diperkenankan untuk menangkap hewan liar tersebut jika tidak memiliki keahlian khusus.

"Jika ada hewan liar masuk pemukiman jangan diusir sendiri, segera menghubungi pihak Damkar Kota Depok untuk evakuasi hewan tersebut," tutur Kepala Seksi Penyelamatan Kebakaran, Dinas Damkar (Damkar) dan Penyelamatan Kota Depok, Tesy Haryati, Selasa (10/09/23). 

Dirinya juga mengingatkan kepada orang tua untuk lebih bijak mengawasi anaknya saat bermain, terlebih saat disekitar area bermain ditemukan hewan liar. Sebab, memungkinkan dapat diserang dan terinfeksi rabies. 

"Kalau sudah terkena gigitan hewan, terlebih hewan liar dapat segera ke fasilitas kesehatan terdekat untuk pemeriksaan awal dan lanjutan," tambahnya. 

Sebelumnya, Tesy menyebutkan, pihaknya mendapat laporan terkait masuknya monyet liar ke pemukiman warga. Pihaknya bersama tim telah berhasil mengevakuasi monyet liar tersebut di Jalan Menteng RT 04/04 Kelurahan Cipayung Jaya, Kecamatan Cipayung pada Sabtu (07/10) lalu.

Dalam kejadian tersebut, terdapat satu korban mengalami luka. Korban sudah dibawa ke RS Citama dan lukanya ditangani dengan 10 jahitan.

"Alhamdulillah monyet tersebut sudah dievakuasi tim kami sebanyak 10 orang dan dibawa ke UPT Cipayung," lanjutnya. 

Sebagai informasi, bagi warga Depok yang membutuhkan bantuan dapat menghubungi pelayanan Damkar Kota Depok di nomor: (0857-8209-7492) atau melalui Nomor Tunggal Panggilan Darurat (NTPD) 112, Untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan jika menemukan hewan liar di lingkungan sekitar.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut