get app
inews
Aa Read Next : Emak-Emak di Depok Tertipu Investasi Emas Bodong, Kerugian Miliaran Rupiah

Sosok Ghisca Debora Penipu Tiket Konser Coldplay, Mahasiswi Kampus Top Raup Miliaran untuk Foya-Foya

Senin, 20 November 2023 | 16:55 WIB
header img
Profil Ghisca Debora Aritonang penipu tiket konser Coldplay, ternyata mahasiswi kampus Top raup yang miliran untuk fota-foya. . Foto: Kolase iNews.id/ X

JAKARTA, iNewsDepok.id - Inilah profil Ghisca Debora Aritonang yang sedang trending seluruh media sosial. Ia kini menjadi tersangka kasus penipuan tiket konser Coldplay Indonesia. Tak disangka, ternyata pelaku masih berumur 19 tahun dan merupakan mahasiswi kampus top Jakarta. 

Ia disebut mengantongi Rp15 miliar hasil dari penipuan tersebut. Konser Coldplay diketahui sudah digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta Pusat, pada Rabu 15 November 2023.

Namun banyak dari penonton yang menjadi korban penipuan tiket konser Coldplay oleh Ghisca Debora Aritonang. Para artis juga ikut menjadi korban, sehingga mereka tak bisa menonton konser Coldplay. Akhirnya, para korban ini berbondong-bondong melapor ke polisi.

Aksi penipuan yang dilakukan Ghisca Debora Aritonang ini pertama kali diungkap di media sosial oleh akun X, @__aqshal.

"Hidup lagi cape-capenya, dapet kabar ade sendiri kena tipu tiket Coldplay … turns out the lady who’s behind it has successfully scammed about Rp15.000.000.000. juara sih lo, Ghisca Debora Aritonang," tulis akun tersebut, Rabu 15 November 2023.T

Ternyata, ini bukan kali pertama Ghisca Debora Aritonang terlibat dalam penipuan tiket konser. Sebelumnya ua dilaporkan pernah menipu tiket konser NCT, Taylor Swift dan juga BLACKPINK.

Setelah laporan demi laporan masuk, Pihak kepolisian pun menangkap Ghisca Debora Aritonang dan menetapkannya sebagai tersangka, pada Jumat (17/11/2023). Ia pun sudah ditahan. Menurut polisi, modus yang dilakukan GDA untuk menipu para korbannya dengan menawarkan tiket kepada teman-temannya. Tersangka juga mengaku sempat melakukan war tiket pada Mei 2023.

"Yang bersangkutan meyakinkan kenal dengan perantara atau promotor, padahal sampai bulan Mei sampai November tidak ada komunikasi apapun dengan pihak perantara atau tiket dan sebagainya," ucap Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro di Mapolres Metro Jakarta Pusat, Senin (20/11/2023).

Lanjut polisi, uang yang diperoleh dari hasil penipuan tersebut digunakan Ghisca Debora Aritonang itu digunakan untuk bergaya hedon, foya-foya dan berbelanja barang-barang mewah.

"Berbagai barang-barang branded atau bermerek yang setidaknya dibeli sejak bulan Mei atau sejak GDA menerima uang-uang tiket," lanjut Susatyo

Total uang yang digunakan Ghisca Debora untuk fota-foya dilaporkan sudah mencapai Rp2 miliar. Sedangkan uang Rp600 juta sudah disita dari tangan Ghisca. "Saat ini kami masih melakukan pendalaman, pengembangan terhadap uang atau barang hasil kejahatan yang dilakukan oleh tersangka" tuturnya.

Atas perbuatannya, Ghisca dikenakan pasal 378 KUHP tentang penipuan dan atau Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dengan ancaman hukuman 4 tahun penjara.

Lantas siapa sebenarnya profil Ghisca Debora Aritonang? Berikut paparan selengkapnya.

Profil Ghisca Debora Aritonang Penipu TiketKonser Coldplay, Ternyata Mahasiswi Trisakti

Menurut penelusuran tim iNews, Ghisca Debora Aritonang ternyata kelahiran tahun 2004. Artinya saat ini umurnya masih 19 tahun.

Editor : Hikmatul Uyun

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut