get app
inews
Aa Read Next : Gluten dan Fungsinya Bagi Tubuh, Bisa Kurangi Risiko Diabetes

Makin Bertambah, Ada 1.100 Anak Indonesia Terkena Diabetes

Rabu, 22 November 2023 | 09:32 WIB
header img
Ilustrasi Anak Terkena Diabetes. Foto: Istimewa

JAKARTA, iNewsDepok.id - Diabetes adalah penyakit yang ditandai dengan kadar gula darah yang tinggi akibat gangguan produksi atau kerja hormon insulin. Insulin adalah hormon yang berfungsi untuk membantu gula darah masuk ke dalam sel dan digunakan sebagai sumber energi. Jika insulin tidak cukup atau tidak bekerja dengan baik, gula darah akan menumpuk di dalam darah dan menyebabkan berbagai komplikasi.

Diabetes, yang dulu dianggap sebagai penyakit orang dewasa, semakin menghantui anak-anak di Indonesia. Menurut data terbaru dari Kementerian Kesehatan Indonesia, lebih dari 1.100 anak di Indonesia telah terkena diabetes, menyoroti urgensi upaya pencegahan dan pengelolaan penyakit ini pada kelompok usia yang rentan ini.

Diabetes pada anak-anak merupakan isu kesehatan yang semakin mendesak dan sering kali terabaikan. Dr. Siti Setiati, ahli endokrin dari Perhimpunan Endokrinologi Indonesia, mengungkapkan bahwa gaya hidup modern, kurangnya aktivitas fisik, dan pola makan yang tidak sehat merupakan faktor utama dibalik peningkatan jumlah anak yang terkena diabetes.

Diabetes dapat dibagi menjadi dua tipe, yaitu:

  • Diabetes tipe 1, yaitu diabetes yang terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang dan menghancurkan sel-sel penghasil insulin di pankreas. Akibatnya, tubuh tidak dapat memproduksi insulin sama sekali. Diabetes tipe 1 biasanya terjadi sejak masa kanak-kanak atau remaja, dan membutuhkan suntikan insulin seumur hidup.
  • Diabetes tipe 2, yaitu diabetes yang terjadi karena tubuh tidak dapat menggunakan insulin dengan efektif, atau disebut juga dengan resistensi insulin. Akibatnya, gula darah tidak dapat masuk ke dalam sel dengan baik. Diabetes tipe 2 biasanya terjadi pada orang dewasa, terutama yang memiliki faktor risiko seperti obesitas, gaya hidup tidak sehat, dan riwayat keluarga. Diabetes tipe 2 dapat dikontrol dengan obat-obatan, diet, dan olahraga.

    Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut