get app
inews
Aa Read Next : Jelang Puncak Bonus Demografi, Urgensi Pemberdayaan Konsumen di Ekosistem Ekonomi Digital

Tidur di Ruko hingga Balas Chat Tengah Malam, Toko Online Mak Ika Sukses Hidupi Masyarakat Sekitar

Jum'at, 17 November 2023 | 15:17 WIB
header img
Kesuksesan Toko Mak Ika telah menciptakan penghasilan yang stabil. Ia juga mampu memiliki ruko sendiri, menyewa gudang serta memiliki tempat produksi sapu dan pel. Foto: Ist

JAKARTA, iNewsDepok.id – Tak ada yang tak mungkin, itulah yang diyakini oleh Ika Mardiana atau biasa disapa Mak Ika, ibu rumah tangga dengan empat orang anak sekaligus pemilik Toko Mak Ika di Lazada Indonesia (Lazada). 

Kesulitan ekonomi yang sempat dihadapinya, kini membawa Mak Ika menjadi #PahlawanEkonomiDigital bagi keluarga, komunitas penjual Lazada Club Karawang yang dibinanya, serta warga Cibitung sekitar tempat tinggalnya. 

Masih dalam semangat Hari Pahlawan yang jatuh pada 10 November lalu, berikut kisah perjuangan penjual perempuan ini hingga bisa sukses di platform eCommerce Lazada.

Kesuksesan Mak Ika saat ini tidak diperoleh dengan mudah. Awalnya, ia bekerja sebagai akuntan, sementara sang suami bekerja sebagai supir. Namun, penghasilan keduanya tidak dapat memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga. 

Oleh karena itu, Mak Ika berusaha mencari pemasukan tambahan dengan berjualan, mulai dari menjual sandal, pakaian dalam, hingga barang-barang bekas. Tetapi, upaya tersebut tidak membuahkan hasil.

"Awalnya, kami menjalankan bisnis secara offline dan harus melakukan perjalanan jauh setiap hari untuk mencari supplier. Saya bahkan pernah rugi hingga seratus juta karena kecurangan salah seorang pegawai. Belum lagi kerugian saat tempat produksi kami terendam banjir,” kenang Mak Ika.

Namun, seluruh peristiwa tersebut tidak membuatnya menyerah. Dengan modal sebesar Rp40 juta, Mak Ika dan suami memutuskan untuk mencoba peruntungan di bisnis online. Inilah awal mula Toko Mak Ika di Lazada yang menyediakan berbagai barang kebutuhan rumah tangga.

“Kami beralih berjualan online di Lazada tahun 2020 karena Lazada merupakan salah satu platform eCommerce nomor satu di Indonesia. Harapannya, ya, kami bisa jadi nomor satu juga. Saya yakin kalau kita mau berusaha, pasti ada hasil dan sukses yang bisa diraih di masa depan. Ketika usaha kami mulai stabil, kami memutuskan untuk pensiun dari pekerjaan dan fokus mengembangkan usaha ini," ujar Mak Ika dengan semangat.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut