get app
inews
Aa Read Next : BPN Kota Depok Kini Punya Program 120 Menit Pelayanan, Begini Tanggapan Warga

Dinas PUPR Depok Lakukan Berbagai Upaya Antisipasi Banjir Musim Hujan

Rabu, 08 November 2023 | 18:52 WIB
header img
Satgas DPUPR Depok melakukan pengakutan sampah di Kali Cabang Tengah, Pancoran Mas. (Foto: iNews Depok/Rivalino)

DEPOK, iNewsDepok.id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok terus melakukan berbagai upaya untuk mengantisipasi dampak musim hujan, termasuk banjir. Upaya-upaya tersebut dilakukan secara konsisten dan melibatkan berbagai pihak.

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, upaya pengendalian dampak banjir yang dilakukan di antaranya, optimalisasi pengoperasian sarana dan prasarana pengendali banjir.

Kemudian, penanganan banjir melalui normalisasi kali/situ dan saluran, dengan pengerukan sedimen lumpur dan sampah. Lalu, pemeliharaan sarana dan prasarana pengendali banjir, seperti pembersihan saluran air.

DPUPR Kota Depok juga melakukan pemetaan banjir dan genangan, untuk mengetahui titik-titik rawan banjir.

"Kami secara konsisten melakukan berbagai upaya mengantisipasi dampak musim hujan dan memperkuat sinergi dengan berbagai pihak," kata Citra, dalam keterangannya kepada iNewsDepok, Rabu (8/11/2023).

"Saat dari musim kemarau kami (DPUPR) sudah melakukan antisipasi dengan berbagai upaya," sambungnya.

Dalam pengerukan kali, situ, sungai dan saluran, Citra menyebut Dinas PUPR di tiap wilayah mengerahkan sejumlah alat berat. Sehingga, pengerukan sedimen lumpur dan sampah dapat dilakukan secara cepat dan optimal.

Selain itu, sarana dan prasarana juga disiagakan dan dirawat agar dapat beroperasi dengan baik untuk mengantisipasi banjir.

"Meski demikian, perlu peran serta masyarakat untuk disiplin agar tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, menjaga kebersihan lingkungan juga sangat diperlukan untuk mencegah terjadinya genangan saat musim hujan," ungkapnya.

Citra mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah sembarangan. Dengan demikian, upaya antisipasi dampak musim hujan yang dilakukan oleh pemerintah dapat berjalan lebih efektif.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut