get app
inews
Aa Read Next : Dinsos Kota Depok Salurkan Santunan Kematian ke Ahli Waris Korban Kecelakaan Bus SMK Lingga Kencana

Banjir di Depok Menghantui, DPUPR Kerahkan 120 Personel Normalisasi Situ dan Kali

Kamis, 04 Januari 2024 | 06:54 WIB
header img
Petugas DPUPR Depok melakukan pengangkutan sampah di Kali Cabang Tengah. (Foto: INews Depok/dok. Rivalino)

DEPOK, iNews Depok. id - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengerahkan 120 personel untuk melakukan normalisasi situ dan kali di 13 titik. Langkah ini dilakukan untuk mencegah terjadinya banjir dan longsor di musim hujan yang sudah memasuki musim peralihan.

Kepala DPUPR Kota Depok Citra Indah Yulianty mengatakan, normalisasi dilakukan untuk mengembalikan fungsi penampungan air agar lebih maksimal. Pasalnya, pendangkalan yang terjadi di situ dan kali menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Depok.

"Penurunan muka air tanah juga menjadi salah satu faktor penyebab banjir. Dengan normalisasi, kami berharap fungsi penampungan air bisa kembali normal," kata Citra, Rabu (03/02/2023).

Pekerjaan normalisasi dilakukan secara manual terlebih dahulu sebelum alat berat diturunkan ke lokasi. Hal ini dilakukan untuk menghindari kerusakan infrastruktur yang ada di sekitar situ dan kali.

Adapun, jelas Citra, beberapa lokasi yang dimaksud antara lain, RT 04 RW 06 Jalan Swadaya 1 Kecamatan Sawangan, Kali Cabang Tengah Tanah Baru, Curug Bojongsari, Cimpaeun, Pangkalan Jati, Bukit Cengkeh dan Situ Pengarengan di dua titik.

"Kami kerjakan secara manual hingga pendangkalan bisa teratasi. Artinya, penampungan air bisa maksimal agar air tidak meluap ke jalan atau rumah warga," ungkap Citra.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut