get app
inews
Aa Read Next : Azizah Salsha Ngamuk Dituding Dapat Bunga dari Mantan hingga Disebut Istri Dzalim 

Arhan Terpilih Sebagai Man of the Match pada Laga Indonesia Vs Timor Leste

Jum'at, 28 Januari 2022 | 07:25 WIB
header img
Pratama Arhan (kanan) melakukan selebrasi setelah menjebol gawang Timor Leste melalui kotak penalti. Foto: Istimewa

DEPOK, iNews.id - Pratama Arhan terpilih sebagai Man of the Match pada pertandingan uji coba antara Indonesia melawan Timor Leste, Kamis (27/1/2022) malam di Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, Bali, yang berakhir dengan kemenangan 4-1 untuk Indonesia.

Kabar ini disampaikan akun media sosial resmi PSSI, @PSSI, Kamis menjelang tengah malam. 

"Pratama Arhan terpilih sebagai Man of the Match pada pertandingan kontra Timor Leste," katanya seperti dikutip Jumat (28/1/2022).

Arhan yang baru dimasukkan Shin Tae-yong pada paruh kedua, menjadi kunci kemenangan Indonesia, karena dia mencetak satu gol dari titik penalti dan membuat pemain Timor Leste melakukan gol bunuh diri hingga dua kali.

Tim Garuda mempertontonkan permainan agresif sejak kick-off, sementara Timor Leste terkesan menunggu sambil mencari celah untuk melakukan serangan balik.

Tuan rumah memberikan ancaman terlebih dulu ketika laga berjalan 10 menit. Edo Febriansyah melepaskan tendangan dari luar kotak penalti, tapi dapat diamankan kiper Junildo Pereira. Selang lima menit kemudian, sepakan Irfan Jaya menyamping di sisi kiri gawang.

Tekanan bertubi-tubi yang dilakukan Indonesia kembali menghadirkan ancaman serius di pertahanan Timor Leste. Dedik Setiawan nyaris membuka keunggulan di menit ke-21, tapi tendangannya sambil memutarkan badan menghajar tiang gawang.

Keasyikan menyerang, gawang Indonesia justru kebobolan lebih dulu pada menit ke-35. Paulo Domingos Gali yang menerima umpan panjang, menggiring bola ke dalam kotak penalti, dan melepaskan tendangan lambung ke tiang jauh yang tak bisa dijangkau Syahrul Trisna Fadillah.

Serangan balik Timor Leste menjadi momok bagi pertahanan Indonesia. Tim tamu memperoleh peluang emas untuk menggandakan keunggulan setelah mendapatkan hadiah penalti, menyusul pelanggaran Syahrul terhadap Gali ketika striker Timor Leste itu kembali mengancam gawangnya dengan serangan cepat yang membuat dia dapat melaju sendirian ke kotak terlarang. Namun, eksekusi penalti Mauzinho Barreto dapat diblok Syahrul di injury time, sehingga skor 1-0 tidak mengalami perubahan.

Tertinggal satu gol membuat Indonesia bermain lebih agresif di babak kedua untuk dapat membalikkan keadaaan. Peluang diperoleh tim Garuda pada menit ke-57. Ronaldo Kwateh memberi umpan lambung kepada Irfan Jaya, namun sundulan yang tepat sasaran itu ditepis Junildo, kiper Timor Leste.

Upaya Indonesia membuka keunggulan terwujud pada menit ke-65 setelah Ronaldo menyambut bola lambung dari sisi kanan dan dikonversi menjadi umpan pendek yang diselesaikan Ricky Kambuaya dengan baik.

Skor berubah menjadi 1-1.

Indonesia berbalik unggul pada menit ke-73 setelah Gumario Augusto diketahui melakukan hand ball di kotak terlarang. Hadiah penalti yang diberikan wasit, dieksekusi Arhan dengan mulus.

Empat menit kemudian, Arhan membuat lemparan ke dalam yang spaktakuler. Dari jarak yang lumayan jauh, bola itu dilemparkan ke arah gawang Junildo, dan berusaha dihalau kiper itu dengan tepisan tangannya.

Namun, alih-alih melambung melewati mistar, bola itu justru nyeplos ke dalam gawang.

Skor berubah 3-1 untuk Indonesia berkat gol bunuh diri Junildo.

Nasib sial tim tamu berulang pada menit ke-80 ketika Arhan melepaskan tendangan dari jarak jauh yang langsung mengarah ke gawang Junildo.

Kapten Timor Leste Filomeno Junior berusaha menghalau serangan itu, namun bola justru membelok ke gawangnya sendiri, dan gol bunuh diri kedua tercipta.

Skor 4-1 bertahan hingga laga FIFA Matchday ini selesai.

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut