get app
inews
Aa Read Next : Waspada! Depok Dibanjiri Nyamuk DBD, Lakukan Ini Agar Tak Terjangkit

Kasus Meningkat Setiap November, Kemenkes dan Takeda Terus Tekankan Pentingnya 3MPlus dan Vaksin DBD

Minggu, 05 November 2023 | 16:34 WIB
header img
Pencatatan Rekor MURI dan Diskusi Media "Ngobrol Santai Cegah DBD #Ayo3MplusVaksinDBD" Minggu, 05 November 2023 di Gedung Sarinah Thamrin, Ruang Cakrawala Lantai 5, Jakarta Pusat. Foto: Dok. Takeda

JAKARTA, iNewsDepok.id - "Beberapa waktu lalu, anak kedua saya, Mars, terinfeksi DBD, membuat kami sangat sedih. Pengalaman ini mengingatkan kita bahwa semua orang berisiko, tidak tergantung pada usia, dimana mereka tinggal, atau gaya hidup mereka," cerita pasangan artis Ringgo Agus Rahman dan Sabai Morschek yang juga pemerhati dengue, saat acara Pencatatan Rekor MURI dan Diskusi Media "Ngobrol Santai Cegah DBD #Ayo3MplusVaksinDBD" Minggu, 05 November 2023 di Gedung Sarinah, Ruang Cakrawala Lantai 5, Jakarta Pusat.

"Kami merasa lebih tenang saat kami telah melaksanakan 3M Plus dan menerima dua dosis vaksin DBD, tentunya masyarakat tetap dianjurkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter masing-masing sebelum menerima vaksinasi di berbagai fasilitas kesehatan,” tambah Ringgo.


Pasangan artis Sabai Morschek dan Ringgo Agus Rahman, yang juga pemerhati dengue. Foto: Dok. Takeda

 

Untuk diketahui, berdasarkan data Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada November 2022, kasus demam berdarah dengue (DBD) mengalami peningkatan. 

Tak hanya itu, ternyata, data 10 tahun terakhir juga menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kasus DBD di setiap bulan November.

DBD pun menjadi ancaman kesehatan masyarakat utama hingga Pemerintah Indonesia melalui Strategi Nasional Penanganan Dengue 2021-2025 menilai pentingnya pencegahan melalui 3M Plus dan upaya inovatif seperti vaksinasi guna menyukseskan tujuan nol kematian akibat dengue pada 2030.

Sebagai respons terhadap situasi ini, Takeda dalam komitmennya terhadap kerjasama publik-privat yang kuat dalam penanganan DBD, telah bersinergi dengan Kemenkes RI melalui Perjanjian Kerjasama yang diresmikan tahun ini. 

Dalam rangka implementasi kerjasama tersebut, Takeda berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan Kementerian Pemuda dan Olah Raga Republik Indonesia (Kemenpora RI), lakukan serangkaian kegiatan “Langkah Bersama Cegah DBD” yang mencakup Jalan Sehat, gerai edukasi interaktif, jumpa komunitas, Stand Up Comedy, serta edukasi dengue dengan para pakar.

Inisiatif ini bertujuan meningkatkan kesadaran masyarakat melalui aksi bersama yang melibatkan semua orang untuk berkomitmen pada “The First Living Pledge” dengan fokus pada pencegahan DBD melalui kampanye #Ayo3MplusVaksinDBD secara berkelanjutan. 

Dalam proses yang terus-menerus ini, Takeda melalui Langkah Bersama Cegah DBD berhasil mencapai prestasi bersejarah dengan mencatatkan rekor di Museum Rekor Dunia-Indonesia (MURI) untuk penandatanganan komitmen pencegahan DBD oleh lebih dari 2.500 orang.

Di Indonesia, penyakit demam berdarah atau dengue terus menjadi beban penyakit yang signifikan di banyak wilayah. Tiga dari empat kematian akibat dengue paling banyak terjadi pada anak usia 0 sampai 14 tahun. 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut