get app
inews
Aa Read Next : Pingsan Karena Ayan, Seorang Lelaki Tercebur dan Tewas Mengapung di Situ Pengasinan Depok

Guru PAUD dan TK Dapat Bimbingan Cara Dampingi Anak Usia Dini dari Dewan Pendidikan Kota Depok

Senin, 30 Oktober 2023 | 12:45 WIB
header img
Dewan Pendidikan Kota Depok menggelar dua acara dalam rangka meningkatkan kompetensi dan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka kepada guru PAUD dan guru TK dan orang tua se-Kota Depok. Foto: Ist

"Belajar harus menantang pemahaman anak, artinya aktivitas pembelajaran yang dirancang harus menantang anak untuk mengembangkan pemahaman sesuai dengan apa yang dialaminya," paparnya.

Belajar juga dilakukan sambil bermain. Belajar melalui bermain dapat memberi kesempatan anak untuk bereksplorasi, menemukan, mengekspresikan perasaan, berkreasi, dan belajar secara menyenangkan.

"Bisa menggunakan alam sebagai sarana pembelajaran. Alam merupakan sarana belajar yang tak terbatas bagi anak untuk bereksplorasi dan berinteraksi dalam membangun pengetahuannya," lanjutnya.

Proses belajar juga dilakukan melalui sensorinya. Anak memperoleh pengetahuan melalui sensorik atau inderanya. Maka, pembelajaran hendaknya memberikan stimulasi yang dapat merangsang setiap kemampuan yang dimiliki anak.

Belajar juga membekali keterampilan hidup. Belajar harus dapat membekali anak untuk memiliki keterampilan hidup (life skill) sesuai dengan kemampuan anak.

"Belajar sambil melakukan pembelajaran, proyek memberikan kesempatan pada anak untuk aktif, mau bekerja dan secara produktif menemukan berbagai pengetahuan baru," beber Dedy.

Editor : Vitrianda Hilba SiregarEditor Jakarta

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut