get app
inews
Aa Read Next : Indonesia International Book Fair (IIBF) 2023 Meriahkan ICE BSD dengan Ribuan Pengunjung

Jadi Motor Termahal di IMOS+ 2023, Ini Tampilan Motor Supersport Besutan Honda

Minggu, 29 Oktober 2023 | 16:14 WIB
header img
Honda CBR1000RR-R Fireblade. Foto: MNC Portal Indonesia/ M Fadli Ramadan

TANGERANG, iNewsDepok.id - Pameran Indonesia Motorcycle Show (IMOS+) 2023, di ICE BSD City, Tangerang memasuki hari terakhir pada Minggu (29/10/2023). Dalam pameran ini, tampak kehadiran motor balap World Superbike (WSBK) yang berstatus sebagai motor termahal yang dipamerkan.

Berdasarkan pantauan MNC Portal Indonesia di lokasi, motor termahal di IMOS+ 2023 adalah Honda CBR1000RR-R Fireblade. Motor berjenis supersport itu digunakan pada ajang balap WSBK.

Honda CBR1000RR-R Fireblade edisi 30 tahun itu dibanderol Rp1,07 miliar dengan status on the road (OTR) Jakarta.

Motor ini jauh lebih mahal dari model premium lainnya yang ada di IMOS+ 2023, seperti Royal Enfield Super Meteor 650 yang dijual Rp251 juta.

Dari segi desain, motor ini memiliki tampilan aerodinamis yang agresif untuk memberikan downforce maksimal saat berakselerasi. Motor ini juga dibekali winglet yang terinspirasi dari motor balap MotoGP Honda RC213V untuk membuatnya tetap stabil.

Honda CBR1000RR-R Fireblade menggunakan sasis aluminium untuk memberikan kestabilan dan kelenturan ketika bermanuver. Hal ini juga akan membuat motor lebih lincah dan mudah dikendalikan saat berakselerasi dalam kecepatan tinggi.

Soal dapur pacu, motor supersport ini dibekali mesin DOHC 4 silinder segaris berkapasitas 999,9 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga 215 hp (160 kW) pada 14.500 rpm dan torsi puncak 112 Nm pada 12.500 rpm.

Tenaga tersebut dikombinasikan dengan transmisi manual 6-percepatan dengan teknologi quick shifter. Teknologi tersebut dapat membuat perpindahan gigi semakin mulus tanpa perlu menarik tuas kopling.

Secara dimensi, motor sport ini memiliki ukuran panjang 2.100 mm, lebar 745 mm, dan tinggi 1.140 mm, dengan wheelbase 1.460 mm. Meski menggunakan rangka aluminium, CBR1000RR-R juga mendapatkan jaminan garansi rangka lima tahun.

Bibit motor balap ini juga tercermin dari aplikasi Air-Ram Duct (lubang udara) di bagian depan yang mengalirkan udara segar langsung menuju airbox. Selimut tangki bahan bakar didesain agar pengendara bisa mendapatkan posisi paling ideal untuk mengurangi hambatan angin.

Terdapat juga fitur keselamatan seperti Anti-Lock Braking System (ABS) dengan dua mode yang bisa dipilih. Lebih sporty untuk penggunaan jalanan, dan mode track untuk penggunaan di sirkuit yang meningkatkan kekuatan pengereman.

Editor : M Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut