get app
inews
Aa Read Next : KPM di Daerah Bandung Mulai Terima Bansos PKH dan Sembako Triwulan ke-4 di Kantorpos

Pemerintah Gelontorkan Bansos El Nino Rp200 Ribu per Bulan, Cek Syarat Penerimanya

Jum'at, 27 Oktober 2023 | 19:14 WIB
header img
Menteri Keuangan, Sri Mulyani. Foto: Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tengha menyiapkan anggaran sebesar Rp7,52 triliun untuk bantuan sosial (bansos) El Nino

Program bansos ini akan menyasar sekitar 18,8 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Menteri Keuangan, Sri Mulyani, menjelaskan bahwa bansos ini diberikan sebagai respons terhadap dampak fenomena El Nino, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah.

Bansos El Nino akan diberikan dengan nominal Rp200.000 per bulan selama dua bulan, yaitu pada November dan Desember 2023. Penyaluran bantuan ini akan dilakukan melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

"Masyarakat akan menerima Rp200 ribu setiap bulan selama November-Desember untuk meningkatkan daya beli mereka," kata Menteri Keuangan.

"Pelaksanaannya akan diawasi oleh Kementerian Sosial," sambungnya.

Sri menambahkan, program bansos ini ditargetkan kepada 18,8 juta KPM karena data mereka sudah terdaftar di Kementerian Sosial. 

"Kami memberikan BLT ini sebagai respons terhadap El Nino," ujarnya.

"Mengapa 18,8 juta? Karena data mereka sudah memiliki nama, alamat, dan nomor rekening di Kementerian Sosial. Sehingga kami tidak perlu mencari lagi siapa yang menjadi sasaran," tambahnya.

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut