get app
inews
Aa Text
Read Next : Hari Pertama Pelayanan Elektronik di BPN Kota Depok Berjalan Mulus, Ini Komentar Warga

Indra Gunawan Edukasi Milenial Tentang 7 Layanan Prioritas Kementerian ATR BPN

Kamis, 26 Oktober 2023 | 20:17 WIB
header img
Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Indra Gunawan, memberikan edukasi bagi kalangan milenial terkait 7 Layanan Prioritas Kementerian ATR BPN yang dipandu Ario Astungkoro dan Indi Arisa, Kamis 26 Oktober 2023. (Kementerian ATR/BPN)

DEPOK, iNewsDepok.id - Kepala Kantor Pertanahan Kota Depok, Indra Gunawan, menjadi tamu dalam dialog ‘Detik Pagi’ yang dipandu Ario Astungkoro dan Indi Arisa, Kamis 26 Oktober 2023.  

Obrolan ringan yang dikemas dengan gaya santai tersebut, bertujuan memberi edukasi kalangan milenial atau Gen Z untuk memahami secara singkat 7 layanan prioritas Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR BPN).

“Sebenarnya ada 120 layanan yang ada di Kementerian ATR/BPN. Namun, 7 layanan ini lebih diminati oleh masyarakat. Maka dijadikanlah prioritas yang ditetapkan oleh Menteri,” ujar Indra Gunawan dalam sesi tanya jawab.

Tujuh layanan prioritas tersebut sambung Indra, merupakan bentuk inovasi pelayanan pertanahan yang cepat, transparan, objektif, efisien, dan profesional yang dikemas dengan prosedur layanan sederhana dan berbasis teknologi informasi terkini. 

Basis teknologi ini, kata dia, didukung oleh area pelayanan yang nyaman, dan dipastikan tidak ada tebang pilih sehingga seluruh masyarakat dapat merasakan kepuasan dari layanan yang diberikan oleh Kementerian ATR BPN.

Nah, tujuh layanan prioritas itu terdiri dari Pengecekan Sertifikat, Surat Keterangan Pendaftaran Tanah (SKPT), Hak Tanggungan Elektronik, Roya Manual dan Roya Elektronik, Peralihan, Pendaftaran SK, sampai Perubahan Hak Guna Bangunan/Hak Pengelolaan (HGB/HPL) menjadi Hak Milik (HM) untuk rumah tinggal, rumah toko, dan rumah kantor.

“Dengan adanya 7 layanan prioritas ini, maka skema penyelesaiannya juga lebih jauh cepat. Apalagi di era digital saat ini. Fasilitasnya, sudah disiapkan oleh Kementerian ATR BPN. Masyarakat tinggal mengakses saja,” paparnya. 

Terbaru, sambung Indra, Kementerian ATR BPN telah meluncurkan aplikasi Sentuh Tanahku untuk kemudahan. Aplikasi Sentuh Tanahku dapat memudahkan Anda untuk mengakses layanan-layanan Kementerian ATR/BPN.

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut