get app
inews
Aa Read Next : Hemophobia alias Takut Darah: Mengenal Penyebab, Gejala, dan Tips Penanganan

Jenis Sumber Air yang Penting Bagi Tubuh

Minggu, 22 Oktober 2023 | 21:31 WIB
header img
Air Mineral. Foto: Pixabay/congerdesign

DEPOK, iNewsDepok.id - Air merupakan elemen paling esensial bagi kehidupan. Tubuh manusia sendiri terdiri sebagian besar dari air, sehingga mengonsumsi cukup cairan adalah hal yang sangat penting untuk menjaga fungsi tubuh yang optimal. 

Mari menjelajahi betapa pentingnya air bagi tubuh dan sumber-sumber utama air yang kita butuhkan.

1. Air minum Air minum merupakan sumber air paling penting yang menyumbang cairan tubuh paling banyak. Cara minum yang baik adalah sedikit-sedikit tapi sering, bukan banyak sekaligus tapi jarang. 

Air diminum tiap beberapa jam lebih baik daripada tiga gelas besar yang diminum hanya setiap selesai makan besar. 

2. Kuah sayur Air bisa didapatkan dari kuah sayuran, selain memberi air juga memiliki serat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Kamu bisa mendapatkan air dari sayur sop, asam, dan capcay kuah. 

3. Buah tinggi air Semua buah mengandung air hanya saja kadarnya berbeda-beda. Terdapat tiga kelompok utama buah yang tinggi air, yaitu melon, semangka, dan pepaya. Menikmati buah tinggi air ini bisa dibuat jus, selain air juga berisi nutrisi yang baik bagi tubuh. 

4. Susu Meminum susu juga mendapatkan sumber air dan tinggi kalori, buatlah susu tanpa gula jika ingin lebih sehat. 

5. Minuman alami Air alami yang dimaksud adalah air kelapa dan tebu meskipun manis, air tebu tergolong minuman sehat. Air tebu dan kelapa mengandung banyak vitamin dan antioksidan.  

6. Air teh encer Air teh juga dapat menjadi sumber air untuk tubuh asal bukan teh yang pekat. Air teh mengandung sejenis kafein, bisa merangsang pengeluaran air kemih. 

Air teh maupun air kopi pekat justru akan menyebabkan kita kekurangan air, sebaiknya setelah minum teh dan kopi, juga minum air putih

Kapan Anda Membutuhkan Air Lebih Banyak

Kebutuhan hidrasi dapat berbeda untuk setiap individu tergantung pada faktor seperti usia, aktivitas fisik, dan iklim. Beberapa kondisi yang memerlukan asupan air yang lebih tinggi termasuk:

Aktivitas Fisik Intens: Ketika Anda berolahraga, Anda kehilangan banyak cairan melalui keringat. Pastikan untuk minum lebih banyak saat beraktivitas fisik.

Cuaca Panas: Pada hari yang panas, Anda lebih rentan terhadap dehidrasi. Minumlah lebih banyak air untuk menjaga diri tetap terhidrasi.

Kondisi Kesehatan Khusus: Beberapa kondisi medis, seperti demam, diare, atau penyakit ginjal, dapat memerlukan asupan air yang lebih tinggi.
 

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut