get app
inews
Aa Read Next : Mahasiswa Nusa Mandiri Deklarasi Perang Melawan Narkoba, Kampus Harus Steril

Polemik SDN Pondok Cina 1 Berujung Damai Melaui Mekanisme Restorative Justice

Minggu, 22 Oktober 2023 | 16:07 WIB
header img
Kuasa hukum wali murid SDN Pondok Cina 1 Depok, Deolipa Yumara. Foto: ist

DEPOK,iNewsDepok.id- Polemik di SDN Pondok Cina 1 Depok akan berujung damai. Kasus ini akhirnya akan diselesaikan secara restorative justice (RJ) sesuai dengan arahan yang disarankan penyidik Polda Metro Jaya.

Kuasa hukum wali murid SDN Pondok Cina 1, Deolipa Yumara mengatakan, dirinya dipanggil Unit PPA Polda Metro Jaya. Dari arahan yang diberikan, penyelesaian kasus ini akan ditempuh dengan cara RJ.

“Jadi kasus ini kemarin kita dipanggil ke Polda Metro di Unit PPA, kemudian memang ada anjuran dari penyidik yaitu untuk diadakan yang namanya restorative justice dalam perkara laporan ini. Kami sebagai pelapor, saya sebagai pelapor, ya sudah kita menerima anjuran ini, untuk kita coba laksanakan,” katanya, Minggu (22/10/2023).

Dalam pertemuan kemarin, dirinya juga dipanggil bersama dengan perwakilan Pemerintah Kota Depok. Dari pertemuan tersebut akhirnya disepakati untuk menempun mekanisme RJ.

“Tentunya saya sepakat dengan pihak Pemkot Depok. Kita akan upayakan yang namanya RJ untuk mendapatkan hasil konstruktif dari proses perkara. Ini artinya, kalau bisa mendapatan rasa keadilan, baik di pihaknya wali murid maupun anak murid kenapa nggak kita jalan saja yang namanya RJ,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, dirinya akan melakukan komunikasi dengan wali murid mengenai anjuran Polda Metro Jaya. Setelah itu akan dilakukan pertemuan wali murid dan Pemkot Depok untuk menemukan solusi terbaik.

“Jadi mungkin dalam dua Minggu ke depan kami beserta terlapor yaitu Pemerintah Kota Depok akan mengadakan pertemuan, atau kunjungan ke SDN Pondok Cina 1. Mungkin dua Minggu ke depan saya sampaikan ini juga kepada para klien saya nih, para wali murid nih, bahwa ada RJ dan memang sifatnya anjuran. Tapi bagusnya kita jalankan supaya kita menunjukkan sifat-sifat yang gentlemen dari wali murid,” tukasnya.

Dalam kesepakatan nanti tentunya wali murid akan menyampaikan apa yang menjadi aspirasi mereka. Aspirasi tersebut yang nantinya harus dipenuhi oleh Pemkot Depok.

“Kalau sementara sih harapannya adalah adalah anak-anak murid ini tetap bersekolah dengan baik di SDN Pondok Cina 1, itu harapannya. Yang kedua kondisi belajar mengajar harus kondusif dan dibantu oleh Pemkot. Ini terhadap proses belajar mengajar murid-murid, baik dari gurunya, fasilitasnya, tempatnya, ketenangannya juga kan,” tutupnya.

 

Editor : Rinna Ratna Purnama

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut