get app
inews
Aa Read Next : Pemkot Depok Gelar Tradisi Ngubek Empang pada Gelaran Lebaran Depok 2024

Jelang Penilaian APE 2023, Pemkot Depok Gelar Rakor

Rabu, 11 Oktober 2023 | 21:04 WIB
header img
Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari

DEPOK, iNewsDepok.id - Pemerintah Kota (Pemkot) Depok menggelar Rapat Koordinasi Pengarusutamaan Gender (PUG) dalam rangkaian Gender Champion atau persiapan penilaian Anugerah Parahita Ekapraya (APE) tahun 2023. 

Rakor tersebut guna mematangkan persiapan sebelum dilakukan penilaian oleh Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

"Penilaian ini rutin dilakukan per dua tahun. Kita di tahun 2018 dan 2020 sudah mendapatkan predikat Utama. Mudah-mudahan tahun ini kita bisa pertahankan atau meningkatkan prestasi yang sudah kita dapatkan," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok, Nessi Annisa Handari.

Dikatakannya, berbagai kegiatan responsif gender telah rutin dilakukan oleh perangkat daerah. Semua itu guna memberikan akses yang sama kepada laki-laki dan perempuan.

"Lalu, disabilitas, lansia dan anak-anak juga mendapatkan akses dalam pembangunan juga sudah dilakukan oleh teman-teman dinas yang lain, baik infrastruktur maupun kegiatan-kegiatan non fisik," terangnya.

Dia menyebutkan, saat ini pihaknya tengah mengumpulkan dokumen-dokumen kegiatan yang telah dilakukan oleh perangkat daerah terkait dengan PUG. Sejumlah dokumen tersebut akan menjadi poin penilaian pada saat verifikasi administrasi nanti.

"Dan hari ini akan kita sampaikan dan paparkan, mana yang perlu kita lakukan penguatan," terangnya.

Nessi menambahkan, verifikasi administrasi akan dilaksanakan mulai 14 hingga 27 Oktober. Kemudian, verifikasi lapangan dilakukan 28 Oktober hingga 17 November dan verifikasi final pada 18 sampai 19 November.

 "Sementara untuk pemberian penghargaan APE akan diadakan bertepatan dengan Hari Ibu yaitu 22 Desember 2023," tutupnya

Editor : M. Syaiful Amri

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut