get app
inews
Aa Read Next : Siapakah Saleh al-Arouri, Pemimpin Hamas yang Terbunuh di Beirut?

Penyebab Konflik Israel-Palestina Dimulai, Begini Awalnya

Rabu, 11 Oktober 2023 | 11:22 WIB
header img
Pemindahan permanen sebagian besar orang Arab Palestina Tahun 1948. Foto: Reuters

DEPOK, iNewsDepok.id - Konflik Israel-Palestina telah merenggut puluhan ribu nyawa dan membuat jutaan orang mengungsi dan berakar pada tindakan kolonial yang dilakukan lebih dari satu abad yang lalu.

Ketika Israel mendeklarasikan perang terhadap Jalur Gaza setelah serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya oleh kelompok bersenjata Palestina Hamas pada hari Sabtu, mata dunia kembali terfokus pada apa yang mungkin terjadi selanjutnya.

Pejuang Hamas telah membunuh lebih dari 900 jiwa dari pihak Israel dalam serangan di beberapa kota di Israel selatan. Sebagai tanggapan, Israel melancarkan kampanye pengeboman di Jalur Gaza, menewaskan lebih dari 830 jiwa dari pihak Palestina. Mereka telah memobilisasi pasukan di sepanjang perbatasan Gaza, tampaknya untuk persiapan serangan darat. Dan pada hari Senin, mereka mengumumkan “blokade total” terhadap Jalur Gaza, menghentikan pasokan makanan, bahan bakar dan komoditas penting lainnya ke wilayah kantong yang sudah terkepung tersebut, sebuah tindakan yang menurut hukum internasional merupakan kejahatan perang.

Namun apa yang terjadi dalam beberapa hari dan minggu mendatang akan menjadi sejarah. Selama beberapa dekade, media Barat, akademisi, pakar militer, dan pemimpin dunia menggambarkan konflik Israel-Palestina sebagai konflik yang sulit diselesaikan, rumit, dan menemui jalan buntu.

Berikut panduan sederhana untuk memecahkan salah satu konflik yang paling lama berlangsung di dunia:

Apa Deklarasi Balfour itu?

  • Lebih dari 100 tahun yang lalu, pada tanggal 2 November 1917, Menteri Luar Negeri Inggris saat itu, Arthur Balfour, menulis surat yang ditujukan kepada Lionel Walter Rothschild, seorang tokoh komunitas Yahudi Inggris.
  • Surat tersebut memang singkat hanya 67 kata, namun isinya memberikan dampak seismik terhadap Palestina yang masih terasa hingga saat ini.
  • Perjanjian ini mengikat pemerintah Inggris untuk “mendirikan rumah nasional bagi orang-orang Yahudi di Palestina” dan memfasilitasi “pencapaian tujuan ini”. Surat tersebut dikenal dengan Deklarasi Balfour.
  • Intinya, kekuatan Eropa menjanjikan gerakan Zionis sebuah negara di mana lebih dari 90 persen penduduknya adalah penduduk asli Arab Palestina.
  • Mandat Inggris dibentuk pada tahun 1923 dan berlangsung hingga tahun 1948. Selama periode tersebut, Inggris memfasilitasi imigrasi massal orang Yahudi, banyak penduduk baru yang melarikan diri dari Nazisme di Eropa dan mereka juga menghadapi protes dan pemogokan. Warga Palestina khawatir dengan perubahan demografi negara mereka dan penyitaan tanah mereka oleh Inggris untuk diserahkan kepada pemukim Yahudi.

Apa yang terjadi pada tahun 1930-an?

  • Meningkatnya ketegangan akhirnya menyebabkan Pemberontakan Arab, yang berlangsung dari tahun 1936 hingga 1939.
  • Pada bulan April 1936, Komite Nasional Arab yang baru dibentuk meminta warga Palestina untuk melancarkan pemogokan umum, menahan pembayaran pajak dan memboikot produk-produk Yahudi untuk memprotes kolonialisme Inggris dan meningkatnya imigrasi Yahudi.
  • Pemogokan selama enam bulan tersebut ditindas secara brutal oleh Inggris, yang melancarkan kampanye penangkapan massal dan melakukan penghancuran rumah dengan hukuman, sebuah praktik yang terus diterapkan Israel terhadap warga Palestina saat ini.
  • Fase kedua pemberontakan dimulai pada akhir tahun 1937 dan dipimpin oleh  gerakan perlawanan petani Palestina, yang menargetkan kekuatan Inggris dan kolonialisme.
  • Pada paruh kedua tahun 1939, Inggris telah mengerahkan 30.000 tentara di Palestina. Desa-desa dibom melalui udara, jam malam diberlakukan, rumah-rumah dihancurkan, dan penahanan administratif serta pembunuhan massal tersebar luas.
  • Bersamaan dengan itu, Inggris berkolaborasi dengan komunitas pemukim Yahudi dan membentuk kelompok bersenjata dan “pasukan kontra pemberontakan” yang terdiri dari para pejuang Yahudi bernama Pasukan Malam Khusus yang dipimpin Inggris.
  • Di dalam Yishuv, komunitas pemukim pra-negara, senjata diimpor secara diam-diam dan pabrik senjata didirikan untuk memperluas Haganah, paramiliter Yahudi yang kemudian menjadi inti tentara Israel.
  • Dalam tiga tahun pemberontakan tersebut, 5.000 warga Palestina terbunuh, 15.000 hingga 20.000 orang terluka dan 5.600 orang dipenjarakan.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut