get app
inews
Aa Read Next : Banjir Kiriman Genangi Depok, DPUPR Ungkap Penyebab dan Upaya Penanganan

Waduk Saguling Mengering, Warga Manfaatkan untuk Bertani

Sabtu, 07 Oktober 2023 | 17:13 WIB
header img
Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mengering, warga manfaatkan untuk bertani. Foto : Ist

DEPOK, iNewsDepok.id - El Nino sebabkan permukaan air Waduk Saguling di Kabupaten Bandung Barat (KBB) surut 12 meter dan 178 hektare sawah mengalami kekeringan.

Kemarau panjang mengakibatkan permukaan air Waduk Saguling mengering bersama dengan sejumlah daerah aliran sungai (DAS) yang semula tergenang air, kini mulai surut.

Dilansir dari unggahan akun instagram @infobdgbaratcimahi, surutnya genangan Waduk Saguling terlihat jelas di DAS Citarum kawasan Cihampelas Bandung Barat, DAS Ciminyak di Kecamatan Cililin, serta wilayah-wilayah genangan air di Kecamatan Batujajar, Cipongkor, dan Saguling.

Sebagian bekas lokasi Waduk Saguling yang surut dipakai warga untuk bertani. Permukaan waduk yang mengering menyisakan penampakan sampah plastik dan ribuan kubik tanaman gulma eceng gondok mati.

"Iya surut sejak awal Agustus. Jadi saya pakai tanam mentimun dan jagung, daripada gak terpakai," ujar Onang Hidayat (66), salah seorang petani asal Kampung Seke Bangbara RT 01 RW 12 Desa Cangkorah, Rabu (4/10/2023).

Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mencatat ratusan hektare sawah yang dilanda kekeringan itu tersebar di 13 desa dari 4 kecamatan, yaitu Batujajar, Cililin, Sindangkerta, dan Cihampelas.

Editor : Mahfud

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut