get app
inews
Aa Read Next : DLHK Kota Depok Bersihkan Sampah Menumpuk di Jalan Proklamasi, Warga Abadijaya Beri Apresiasi

Banjir Kiriman Genangi Depok, DPUPR Ungkap Penyebab dan Upaya Penanganan

Selasa, 26 Maret 2024 | 11:24 WIB
header img
Banjir kiriman di Simpang Mampang, Kecamatan Pancoran Mas, Depok. (Foto: iNews Depok/ist)

DEPOK, iNews Depokid - Banjir kiriman dari wilayah Bogor kembali menggenangi sejumlah wilayah di bantaran Kali Angke, Kali Pesanggrahan, dan kali lainnya di Depok pada Senin (25/3/2024) dini hari. Meski tidak diguyur hujan, banjir kiriman ini menjadi momok bagi warga Depok.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok, Citra Indah Yulianty, menjelaskan bahwa terdapat dua faktor utama penyebab banjir kiriman di Depok.

"Pertama, cuaca yang tidak menentu. Karena iklim dan fenomena El Nino serta pemanasan global, ini salah satu dampak," kata Citra kepada wartawan, Selasa (26/3/2024).

Kedua, pembangunan permukiman yang kian menjamur di Depok. Hal ini mengakibatkan berkurangnya ruang terbuka hijau (RTH) yang berfungsi sebagai resapan air.

Citra menambahkan, tanggul jebol di beberapa titik juga menjadi salah satu faktor penyebab banjir. DPUPR Kota Depok telah melakukan langkah-langkah darurat seperti pembuatan tanggul sementara menggunakan bronjong pasir.

"Nah untuk darurat saat ini sudah dilakukan pembuatan tanggul sementara (menggunakan bronjong karung pasir). Terkait pembangunan (permanen) tanggul jebol, menunggu anggaran dahulu," ungkapnya.

Seperti diketahui, sejumlah wilayah mulai dari Simpang Mampang, Pancoran Mas, Perumahan Bukit Sawangan Indah (BSI), Bojongsari, Perumahan Sawangan Elok, Bojongsari, Griya Alif, Sawangan, dan sejumlah wilayah lainnya dilanda banjir kiriman pada Senin (25/3/2024) dini hari.

 

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut