get app
inews
Aa Read Next : Diarak Reog Ponorogo, Supian-Chandra Daftar KPU Depok

Pemilu Disepakati Tanggal 14 Februari 2024

Senin, 24 Januari 2022 | 15:30 WIB
header img
Rapat DPR dengan KPU dan Pemerintah terkait jadwal Pemilu 2024. Foto: iNews

JAKARTA, iNews.id - Pemerintah dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menyepakati jadwal pelaksanaan pemilihan umum (Pemilu) 2024, yakni pada tanggal 14 Februari.

Kesepakatan itu terlihat dari paparan keduanya dalam rapat dengan Komisi II DPR di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/1/2022).

"Maka, dalam draft rancangan PKPU, hari pemungutan suara direncanakan diselenggarakan pada tanggal 14 Februari tahun 2024," ungkap Ketua KPU RI, Ilham Saputra dalam paparannya.

Ia menegaskan, 14 Februari 2024 adalah hari Rabu, dan Rabu merupakan hari di mana Pemilu diselenggarakan dari tahun ke tahun.

"Tanggal itu juga pernah diusulkan dalam rapat konsinyering pertama antara KPU, pemerintah dan DPR RI. Hal ini dinilai karena bulan Februari memiliki tingkat risiko yang rendah apabila dilaksanakan serentak dengan pemilihan (kepala daerah) tahun 2024," imbuhnya.

Sementara itu, dari pihak pemerintah yang diwakilkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian juga sepakat dengan usulan pada konsinyering pertama tersebut.

"Untuk tanggal, kami kira dari pemerintah sepakat 14 Februari," tutur Tito dalam paparannya.

Mantan Kapolri ini menjelaskan, pelaksanaan Pemilu pada 14 Februari bisa memberikan space waktu yang cukup bila terjadi putaran kedua pada Pilkada yang diselenggarakan bulan November 

Editor : Rohman

Follow Whatsapp Channel iNews untuk update berita terbaru setiap hari! Follow
Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut