get app
inews
Aa Read Next : Audio TikTok Mendadak Hilang, Ini Penyebabnya

Duet AI Milik Google, Kini Bisa Bantu Buat Email dengan Mudah dan Cepat

Kamis, 31 Agustus 2023 | 18:16 WIB
header img
Penggunaan duet AI dalam Gmail untuk membantu menulis email. Foto: Google

JAKARTA, iNewsDepok.id - Asisten kecerdasan buatan (AI) milik Google, Duet AI, kini mempunyai kemampuan untuk membantu pengguna dalam membuat email di Gmail.

Google mengumumkan hal tersebut dalam blog Google Workspace Updates pada Rabu (30/8/2023) dan di acara Google Cloud Next '23.

Google telah membagikan beberapa pembaruan dari Duet AI yang sudah tersedia untuk pengguna Workspace, membantu mereka dengan tugas yang bervariasi seperti rapat, dokumen, Google Chat, dan lainnya.

Perusahaan tersebut juga mengatakan, Duet AI akan memperkaya fitur smart reply dari Gmail dengan memungkinkan pengguna untuk menulis email lebih panjang dan lebih personal dengan satu ketukan.

Di web dan perangkat seluler, pengguna Gmail yang menggunakan Duet AI akan mendapatkan akses tombol "Help me write" yang akan menawarkan mereka berbagai pilihan untuk bantuan menulis.

Pilih "write your draft" dan pengguna bisa menggunakan kata-kata sendiri untuk mendeskripsikan pesan yang ingin ditulis oleh Duet AI. Tool ini juga mengerti konteks dari pesan sebelumnya dalam utas email untuk membuat balasan yang relevan.

Jika pengguna merasa Duet AI membuat pesan yang terdengar kasual, pengguna dapat menyuruh asisten mengubahnya menjadi formal. Ada juga pilihan untuk membuat draf email agar lebih detail atau lebih pendek. Google juga menawarkan opsi "I'm feeling Lucky" yang dikatakan dapat membuat variasi nada dan gaya tulisan yang menyenangkan untuk konten yang telah dibuat.

Menurut Google, fitur yang sama juga akan hadir ke Google Docs. Pengguna dapat mengubah nada tulisan, merangkum bagian, menambah simbol atau bullets, menjelaskan atau meringkas teks, menerima draf berbeda yang dihasilkan jika pengguna tidak suka draf pertama, dan sebagainya.

Untuk saat ini, Duet AI hanya tersedia untuk organisasi yang membayar ekstra sebesar $30 atau sekitar Rp460 ribu per pengguna per bulannya untuk tambahan Google Workspace Enterprise.

Duet AI akan tersedia untuk akun bisnis kecil dan menengah maupun konsumer dalam beberapa bulan kedepan, namun Google belum mematok harganya.

Editor : Mahfud

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut