Berdasarkan data yang dilansir dari NielsenIQ, terdapat penambahan konsumen sebanyak 46% yang menginginkan sebuah merek dapat menciptakan perubahan berkelanjutan yang mereka cari.
Masih dari laman riset tersebut, dipaparkan bahwa kini konsumen mempertimbangkan dampak suatu produk secara keseluruhan yang mana mereka menilai bahan-bahan, proses produksi, dan bahkan dampak suatu rantai pasokan terhadap planet ini sebelum mengonsumsi sesuatu, dari mulai makanan, minuman, dan berbagai produk lainnya.
Menanggapi hal tersebut, Najelaa Shihab, Pendidik dan Founder Sekolah.mu, mengungkapkan, “Perilaku conscious consumption #PikirinDulu merupakan perilaku baik yang perlu mulai dibiasakan kepada generasi muda sejak dini, di lingkungan rumah dan satuan pendidikan kita. Kompetensi ini menumbuhkan kesadaran dalam membuat keputusan, berkait dampak jangka panjang dari apapun yang dikonsumsi - misalnya untuk kesehatan diri. Yang lebih penting lagi, muncul juga tanggung jawab kolektif yang lebih besar, pada keberlanjutan lingkungan serta kesejahteraan masyarakat.”
Dalam kesempatan yang sama, Andien, Penyanyi dan Social & Environmental Advocates, mengatakan, “Sebagai konsumen, sekarang kita membeli sebuah barang bukan hanya tindakan ekonomi semata, karena kita memilih sebuah produk melalui berbagai pertimbangan atas berbagai implikasinya mulai dari kesehatan, lingkungan, sosial, budaya, dan bahkan dari sisi psikologis.”
Andien menambahkan, “Dengan membeli produk sesuai kebutuhan, sebaiknya kita tidak hanya memikirkan bagaimana kita dapat menghemat pengeluaran dengan menggunakan satu produk dalam jangka waktu yang lebih lama, namun juga memikirkan mengenai bagaimana produk tersebut diproduksi termasuk pertimbangan terhadap praktik yang bertanggung jawab terhadap pekerja yang terlibat dan sumber daya alam yang digunakan. Lalu, memikirkan juga bagaimana limbah dari sebuah produk yang sudah tidak digunakan akan dapat memengaruhi lingkungan tempat tinggal kita. Jadi, jika saya bisa menyimpulkan, pada dasarnya dalam membeli sesuatu, kita tidak hanya memikirkan benefit yang didapat dari produk tersebut, tapi juga memikirkan benefit dari hal baik yang dapat kita perbuat dengan menjaga lingkungan dan masyarakat. Oleh karena itu menurut saya meningkatkan awareness untuk selalu #PikirinDulu sebelum memutuskan untuk mengonsumsi sesuatu itu penting sekali, terutama di kalangan generasi muda”.
Editor : M Mahfud