get app
inews
Aa Read Next : Atlet Tinju Asal Sumba Ini Tak Lolos Seleksi Tamtama TNI AD

Ruddie Lubbers, Petinju Belanda Kelahiran 17 Agustus 1945 Sempat Hadapi Muhammad Ali, Ini Profilnya!

Selasa, 15 Agustus 2023 | 11:55 WIB
header img
Ruddie Lubbers (bawah) saat menghadapi Muhammad Ali. Foto: Boxing News 247

JAKARTA, iNews.id - Seiring dengan peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia, lahirlah seorang petinju Belanda bernama Ruddie Lubbers pada tanggal 17 Agustus 1945 di Heerhugowaard, Belanda.

Rupanya, petinju ini memiliki perjalanan hidup yang kurang diketahui oleh para penggemar tinju di seluruh dunia. Awal kariernya sebagai petinju yang gemar mengoleksi gelar dimulai dengan berlatih tinju di klub Bisschop di Amsterdam.

Profil Ruddie Lubbers meliputi partisipasinya dalam Olimpiade 1964 dan 1968 sebagai petinju Belanda. Namanya, Rudolfus Josefus Maria Lubbers, tercatat dengan sejumlah prestasi yang mengesankan.

Pada awal kariernya sebagai petinju amatir, Ruddie hanya latihan secara santai di klub Bisschop di Amsterdam. Namun, dengan percaya diri pada kemampuannya, ia mulai mengikuti beberapa pertandingan amatir di Belanda. 

Di tingkat amatir, Ruddie berhasil meraih 6 gelar juara kelas berat ringan dan 2 gelar kelas berat di Belanda. 

Pada Olimpiade Tokyo 1964 dan Mexico City 1968, ia mewakili negaranya dengan peringkat kesembilan dan kelima berturut-turut.

Pada tahun 1970, Ruddie memutuskan untuk berpindah ke dunia tinju profesional, dan sejak 1971, ia berhasil meraih gelar kelas berat nasional yang dipertahankannya hingga akhir kariernya pada tahun 1981.

Rekor profesionalnya mencatat 28 kemenangan, termasuk 14 kali dengan KO, 8 kekalahan, dan 2 kali hasil imbang. Salah satu pertandingan terkenalnya adalah melawan Muhammad Ali di Jakarta pada 14 Oktober 1973. 

Muhammad Ali (kanan) dan Ruddie Lubbers

 

Editor : Sazili Mustofa

Follow Berita iNews Depok di Google News Lihat Berita Lainnya
iNews.id
iNews Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik lebih lanjut